Kiwi | SHUTTERSTOCK

7 Sayur dan Buah Ini Lebih Sehat Kalau Dimakan Dengan Kulitnya

author
Ratih Sukma Pertiwi
Rabu, 28 November 2018 | 15:24 WIB

 

Mengupas kulit buah dan sayuran sudah dipercaya akan membuatnya lebih bersih. Padahal kulit sejumlah sayur dan buah menyimpan banyak nutrisi. Nah, 7 buah dan sayur ini lebih sehat kalau dimakan dengan kulitnya.

 

 1. Kiwi

Mungkin tidak terbayangkan menyantap kiwi bersama kulitnya. Tapi bisa jadi ini hanya soal kebiasaan. Kulit kiwi punya kandungan serat 2 kali lipat dari yang ada di buahnya, lho.

Kamu juga tidak akan kehilangan porsi kandungan vitamin C dan E serta serotonin dan potasium yang juga ada di bagian kulit. Pilih kiwi yang tidak terlalu banyak bulunya sehingga tidak terlalu mengganggu saat dikunyah.

 

 2. Pir

Setengah kandungan serat dalam pir ada di kulitnya, jadi tak perlu mengupasnya sebelum dimakan. Kandungan antioksidan dan antiradang dalam kulit pir juga sama dengan bagian buahnya.

 

 3. Apel

Apel | SHUTTERSTOCK

Kandungan senyawa fitokimia (antioksidan yang ampuh mencegah kanker, alzheimer,dan penyakit degeneratif lainnya) sangat tinggi pada kulit apel.

 

Serat  dan vitamin juga banyak terdapat di bagian kulit. Pastikan saja untuk mencuci bersih apel (termasuk kalau ada lapisan pengilatnya) sebelum memakan bersama kulitnya.

 

4. Jeruk 

Kandungan vitamin C pada jeruk paling tinggi justru terdapat pada kulitnya. Memakan langsung kulit jeruk memang agak pahit. Kamu bisa menyiasatinya dengan menyeduhnya bersama teh, dijadikan campuran sup, atau dijadikan bahan tambahan cake. Parut kulit jeruk tanpa mengenai bagian putihnya yang pahit.

 

 5. Kentang

Kentang sebaiknya dimakan bersama dengan kulitnya yang sudah disikat bersih. Sebabnya, kulit kentang mengandung serat alami dan juga 20% gizi serta vitamin lainnya dari keseluruhan kentang.

 Selain itu, keberadaan kulit juga melindungi kandungan gizi dan vitamin dalam kentang sehingga tak mudah buyar.

 

 6. Wortel

Jika mengupas kulit wortel, maka kamu akan kehilangan manfaat dari kandungan antioksidannya yang tinggi dan senyawa yang bermanfaat membunuh sel kanker, anti jamur serta anti peradangan. Sebaiknya wortel hanya dicuci bersih kulitnya sebelum dimakan atau diolah.

Wortel | SHUTTERSTOCK

 

 7. Ubi

Percaya enggak, kandungan nutrisi ubi terdapat pada kulitnya? Saat menyantap ubi, terutama ubi rebus, tidak perlu mengupas kulitnya karena pada kulitnyalah terdapat kandungan vitamin C, kalium dan juga betakaroten yang lebih tinggi dibanding dagingnya.

 

 

Jadi, siap mengubah kebiasaan makan buah-buah di atas bersama kulitnya?

 

Baca juga:

7 Bahan Makanan Praktis Untuk Cegah lapar

Redakan Sembelit dan 8 Manfaat Ajaib Lemon Lain