Ikan Panggang | SHUTTERSTOCK

Kitchen Hacks Penting Yang Mungkin Kamu Belum Tahu

author
Hasto Prianggoro
Rabu, 28 November 2018 | 17:08 WIB

 

Masalah di dapur seringkali bisa diselesaikan dengan bahan atau alat dapur yang tak terduga, asal tahu caranya. Ini 7 kitchen hacks penting yang mungkin kamu belum tahu.

 

1. Lemon Untuk Panggangan Ikan

Ikan biasanya lengket ke besi pemanggang ketika dibakar. Coba letakkan potongan lemon di atas pemanggang sebelum memanggang ikan. Selain ikan tidak lengket lagi saat diangkat, aroma ikan bakar pun akan jauh lebih menggoda.

 

2. Potongan Kentang Mentah

Habis memasak, tangan biasanya penuh berbagai kotoran, seperti minyak, remahan bumbu, potongan sayuran, dan sebagainya. Untuk membersihkannya, gosok-gosokkan tangan kotor tadi ke kentang mentah yang sudah dikupas. Nah, tangan pun akan bebas dari kotoran.

 

3. Dental Floss

Jika tak ada pisau kue di dapur, gunakan dental floss untuk memotong cake atau keju. Hasilnya, cake atau keju akan terpotong tipis dan rapi.

Dental Floss Untuk Memotong Keju | SHUTTERSTOCK

 

4. Pisau Dingin

Memotong cake susah-susah gampang. Terkadang potongan cake terlalu tebal, terkadang potongannya rusak, dan sebagainya. Coba rendam pisau pemotong di dalam air dingin sebelum digunakan untuk memotong agar potongan cake tipis dan rapi.

 

5. Tomat dan Apel

Agar tomat yang masih mentah bisa cepat masak, simpan tomat di dalam paper bag bersama buah apel. Apel mengeluarkan gas ethylene yang bisa membuat buah sayuran lain di dekatnya cepat matang.

 

6. Plastik Untuk Es Krim

Es krim bisa menjadi sangat keras jika disimpan di dalam freezer sehingga butuh waktu untuk mencairkannya lagi saat mau dimakan. Nah, tipsnya, masukkan wadah es krim ke dalam plastik lalu tutup rapat-rapat. Es krim pun nggak bakal keras lagi saat hendak dimakan.

 

7. Soft Drink Kurang Dingin

Coba bungkus botol soft drink dengan tisu basah sebelum memasukkannya ke lemari pendingin. Soft drink pun akan dingin lebih cepat.

 

Baca juga:

Bagian 'Buangan' Dari 7 Buah dan Sayur Yang Banyak Manfaatnya

Trik Menggoreng Ala Deep Fry Agar Crunchy Maksimal