Sajian Daging | SHUTTERSTOCK

Terasa Pusing Setelah Makan Daging? Ini Dia Makanan Penetralnya

author
Isna Triyono
Minggu, 2 Desember 2018 | 14:11 WIB

 

Meskipun lezat dan bergizi tinggi, makan daging juga meningkatkan kolesterol dan tekanan darah. Gejala yang bisa langsung terasa adalah kepala pusing. Nah, untuk menetralisir efek makan daging, berikut makanan yang bisa kamu santap usai makan daging.

 

1. Acar

Acar yang terdiri dari mentimun, wortel, dan bawang merah sangat bagus untuk menetralisir efek makan daging. Karenanya, kamu pasti sering melihat acar sering dihidangkan bersama sate dan sop kambing.

 

2. Kentang

Kandungan kentang seperti kalsium, magnesium dan potassium bisa menurunkan tekanan darah.

 

3. Teh Tawar Hangat

Minum teh tawar hangat setelah menyantap daging juga sangat dianjurkan. Kandungan katekin pada teh (teh jenis apa pun) bisa menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

Teh Hangat | SHUTTERSTOCK

 

4. Pisang

Kandungan dalam pisang seperti kalsium, magnesium dan potassium bisa menurunkan tekanan darah. Beri jeda waktu dari makan daging hingga menyantap pisang karena buah ini sangat mengenyangkan. 

 

5. Tomat

Tomat mengandung zat likopen yang bisa menurunkan kolesterol dalam darah.

 

6. Jus Jeruk

Jus jeruk atau lemon mengandung pektin yang terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol. Minumlah jus jeruk tanpa menambahkan gula.

Jus Jeruk | SHUTTERSTOCK

 

7. Oatmeal

Oatmeal sangat ampuh menyerap kolesterol jahat dalam darah untuk kemudian dikeluarkan dari dalam tubuh. Tapi beri jarak juga setelah makan daging karena oatmeal ini juga sangat mengenyangkan.

 

Jadi, siapkan makanan di atas kalau ingin makan daging dalam jumlah banyak ya.

 

Baca juga:

7 Bahan Makanan Praktis Untuk Cegah lapar

5 Cara Gampang Melipat Pangsit