Fakta Unik Kopi | SHUTTERSTOCK

Kopi Bisa Bikin Perceraian dan 9 Fakta Unik Kopi Lain

author
Isna Triyono
Rabu, 28 November 2018 | 17:44 WIB

 

Minuman satu ini selalu punya cerita di mana pun dia berada. Dari bisa membuat perceraian sampai rata-rata Finlandia yang menghabiskan 12 kg biji kopi per tahunnya. Simak uraiannya berikut ini.

 

1. Kata ‘coffee’ berasal dari bahasa Arab ‘qahhwat al-bun’ (wine of the bean), dipersingkat menjadi ‘qahwa’. Orang Turki menyebutnya ‘kahve’, di Belanda ‘koffie’ dan di Inggris ‘coffee.

 

2. Tahun 1600an, seorang dokter asal Prancis menyarankan café au laits untuk pasiennya yang kemudian menginspirasi orang membuat kopi susu.

 

3. Kopi adalah bahan makanan pertama yang menggunakan metode pengeringan beku (freeze dried).

 

4. Warga New York minum kopi hampir tujuh kali lebih banyak dari warga kota lain di Amerika Serikat.

Fakta Unik Kopi | SHUTTERSTOCK

 

5. Dalam bahasa Italia, ‘espresso’ berarti ‘cepat’ karena kopi espresso memang harus disajikan segera pada pelanggan.

 

6. Dalam seremoni pernikahan Turki kuno, pengantin berjanji selalu membuatkan kopi untuk pasangannya. Jika tidak, bisa berujung perceraian. Waduh!

 

7. Tahun 1906, George Washington menemukan kopi instan? Betul, tapi George Washington ini bukanlah sang presiden pertama Amerika Serikat. Pria bernama persis sama yang menemukan kopi instan ini adalah seorang pria Belgia yang tinggal di Guatemala. George Washington ini berimigrasi ke New York dan menjadi pengusaha kopi hingga akhirnya menemukan kopi instan.

 

8. Barista di Amerika Serikat rata-rata berusia 20 tahun, sedangkan di Italia barista rata-rata berusia 48 tahun dan menjadi profesi yang sangat dihormati.

Barista Kopi | SHUTTERSTOCK

 

9. Pada 2017 International Coffee Organization (ICO) mencatat Finlandia sebagai negara yang paling banyak mengonsumsi kopi. Dalam waktu setahun masing-masing penduduk menghabiskan 12 kg biji kopi.

 

10. Irish coffee yang terbuat dari campuran brown sugar, kopi, irish whiskey, dan krim awalnya dibuat untuk menghangatkan penumpang pesawat Amerika yang terbang dari Irlandia.

 

Secangkir kopi sederhana punya banyak cerita, kan?