Aneka jenis keju, termasuk raclette lezat ini bisa bikin kembung makin menjadi. | SHUTTERSTOCK

Makanan Terbaik dan Terburuk Saat Perut Sedang Kembung

author
Marti
Senin, 13 Mei 2019 | 17:11 WIB

 

Kembung kerap terjadi saat berpuasa. Ini bisa dikurangi dengan mengonsumsi makanan tertentu dan sebaliknya menghindari makanan tertentu yang bisa membuat kembung lebih parah. Jadi apa saja makanan terbaik dan terburuk saat perut sedang kembung?

 

Yang sebaiknya dikonsumsi

1. Jahe

Jahe membantu merilekskan otot-otot dalam saluran pencernaan sehingga bisa meringankan efek tidak nyaman saat kembung. Jahe juga mengandung enzim yang menyerap protein, berguna saat kembung kamu dsebabkan oleh makanan mengandung protein

 

2. Mint Tea

Mint mendorong liver meningkatkan produksi cairan yang membantu pencernaan. Itulah sebabnya mint bisa membantu menyelesaikan masalah di perut, termasuk gas. Konsumsi mint dalam bentuk teh sangat disarankan, yaitu satu gelas sebelum makan (sahur atau berbuka).

Kandungan dalam mint bisa meredakan kembung. | SHUTTERSTOCK
 

 

3. Chamomile Tea

Sama seperti jahe, chamomile punya kemampuan antispasm yang bisa melonggarkan otot-otot perut yang tegang. Ini akan membantu meringankan efek tidak nyaman saat kembung.

 

4. Yoghurt Dengan Probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang mempercepat proses cerna makanan. Tambahkan sedikit pemanis lewat madu atay granola di dalam yoghurt.

Yogurt adalah salah satu makanan terbaik saat kembung. | SHUTTERSTOCK

 

Yang Sebaiknya Dihindari

1. Brokoli, Kol dan Kale

Meskipun sehat, tapi tiga jenis sayuran ini mengandung raffinose, yatu jenis gula yang perlu waktu lebih lama dicerna. Proses cerna ini melibatkan fermentasi dari bakteria perut yang malah bisa bikin perut jadi tambah kembung.

 

2. Polong-Polongan

Dalam bahasa Inggris disebut legumes, yaitu biji sayuran polong-polongan, seperti lentils, kedelai, kacang polong dan kacang tanah. Sama seperti brokoli, kol dan kale, legumes juga mengandung gula yang perlu waktu untuk dicerna dalam usus.

Polong-polongan sebaiknya dihindari saat sedang kembung. | SHUTTERSTOCK

 

3. Susu dan Turunannya

Kalau kamu kembung setelah mengonsumsi susu dan produk turunannya (susu dan keju) bisa jadi tubuh kamu kekurangan enzim untuk mencerna gula dalam produk susu tersebut. Ini lazim disebut lactose intolerant. Jadi, hindari produk-produk dairy ini kalau kamu sedang kembung.

Aneka jenis keju, termasuk raclette lezat ini bisa bikin kembung makin menjadi. | SHUTTERSTOCK

 

4. Makanan Asin

Kadar sodium dalam garam menahan air dalam usus sehingga perut terasa makin penuh. Rasa kembung dan begah pun makin terasa. Jadi, jangan remehkan kadar garam yang kamu konsumsi, ya! Normalnya, orang dewasa mengasup hanya 2300 mg sodium setiap harinya.

 

Ingin kembung kamu cepat reda? Ingat dua kelompok makanand di atas, ya!

 

Baca juga:

Memilih Daging Siap Masak Dalam Sekejap

Memilih Daging Yang Siap Dalam Sekejap | SHUTTERSTOCK

5 Kacang Paling Sehat, Kamu Suka Yang Mana?

5 Kacang Paling Sehat | MARIESKA/COOKIN.ID

Ini Alasan Kenapa Protein Hewani, Karbo Berkualitas dan Serat Itu Penting Saat Puasa

Jangan lupakan 3 nutrisi penting supaya tetap fit saat puasa. | SHUTTERSTOCK