Memilih Daging Yang Siap Dalam Sekejap | SHUTTERSTOCK

Memilih Daging Siap Masak Dalam Sekejap

author
Semy
Jumat, 10 Mei 2019 | 13:53 WIB

 

Salah satu yang membuat orang enggan mengolah daging adalah waktu olah yang relatif lebih panjang dibanding ikan atau ayam. Tunggu dulu, daging pun bisa diolah dengan cepat kalau kita paham cara memilih daging. Simak beberapa saran berikut.

 

1. Daging Yang Teksturnya Empuk

Tekstur daging yang empuk tidak bisa dilepaskan dari pola pelihara sapi. Sapi yang khusus diternak untuk dimakan, akan diberi pakan dan diperlakukan dengan baik hingga menghasilkan daging yang empuk.

Daging Australia, misalnya merupakan daging yang berasal dari sapi yang betul-betul dipelihara dengan asupan makanan yang benar dan diperlakukan dengan baik hingga sapi jauh dari stres.

 

Baca juga: Berapa Kali Idealnya Anak Makan Daging Dalam Seminggu?

 

2. Potongan Daging Yang Tepat

Potongan daging bermacam-macam. Yang paling sering kita kenal adalah daging has dalam (tenderloin), has luar (sirloin), dan sengkel (shank). Tetapi sesungguhnya potongan daging jauh lebih banyak dan masing-masing punya kecocokan olahan.

Nah, kalau kita memilih jenis potongan yang tepat, pastilah tidak butuh waktu lama untuk mengolah daging. Tenderloin dari sapi Australia adalah jenis potongan daging yang paling cepat waktu olahnya sehingga pas untuk masakan yang waktu olahnya pendek. Misalnya, sup atau tumisan.

 

3. Ketebalan Daging

Mau cepat olah daging? Iris tipis-tipis atau pilih daging Australia yang sudah tipis potongannya. Misalnya, daging yang sudah dikhususkan untuk olahan yakiniku. Atau mengapa tidak memilih jenis yang shabu-shabu?

Daging tumis Australia juga sudah diiris tipis sehingga memudahkan kita dalam menghasilkan tumisan yang pas teksturnya. Agar didapat irisan yang rapi, bisa juga kamu meminta karyawan supermarket untuk memotong sesuai permintaan.

 

Baca juga: Video Resep Sandwich Dadar Daging Bulgogi Ini Bikin Sandwich Jadi Antistandar

 

4. Daging Giling

Daging giling tentu saja punya waktu olah yang pendek. Mau ditumis, daging akan segera matang. Mau dibikin bakso pun tak makan waktu banyak. Kita juga bisa menyulapnya jadi rolade atau loaf meat yang enak dan sarat bumbu. Itu pun tak butuh waktu panjang.

|

 

Nah, siapa bilang butuh waktu seharian untuk mengolah daging. Asal bijak memilih daging, waktu masak bisa benar-benar dipangkas. Yuuk, beli daging!

 

Baca juga: Ramekin, 5 Faktanya Yang Perlu Kamu Tahu

 

#dagingsapiaustralia