Steak Ala Meksiko | SHUTTERSTOCK

Cara Unik Membuat Steak Dari Berbagai Negara, Mana Yang Kamu Suka?

author
Semy
Selasa, 3 September 2019 | 17:17 WIB

 

Rasa steak di berbagai resto bahkan di berbagai negara bisa jadi sama saja. Tetapi ternyata kalau mengulik kebiasaan dulu, dan mungkin saja saat ini masih berlaku, penyajian steak bisa sangat beragam caranya. Inilah cara penyajian unik yang bikin kita ternganga sekaligus tergiur.

 

Prancis, Disuguhkan Bersama Green Salad

French Steak | DOK. SHUTTERSTOCK

Di Prancis, steak tradisional disebut bifteck. Penyajiannya bersama frite pommes atau kentang goreng dalam bahasa Prancis. Steak tidak disajikan bersama sayuran. Sebagai gantinya disuguhkan green salad.

 

Italia, Biasanya Dalam Potongan T-Bone

Steak Ala Italia | DOK. SHUTTERSTOCK

Negeri pasta ini baru menyuguhkan steak setelah Perang Dunia II karena sebelum itu mereka tak bisa memenuhi kebutuhan ternak. Setelah tahun 1960-an steak mulai sering disuguhkan bersama salad. Biasanya, yang dipakai adalah potongan T-Bone.

 

Wilayah Balkan, Disajikan Bersama Roti

Di wilayah Balkan daging dilumuri mustard dan merica lalu direndam di dalam cuka dan minyak selama seminggu. Cara mematangkannya, ditumis di dalam mentega. Kemudian sepotong roti bakar digosokkan di atas wajan untuk menyerap sisa butter. Steak sendiri disajikan di atas roti bakar tadi.

 

Meksiko, Ada Dalam Tortilla

Steak Ala Meksiko | DOK. SHUTTERSTOCK

Di Meksiko, Spanyol, bahkan juga negara bekas jajahan Spanyol mengenal bistec sebagai irisan daging sapi asin yang dibumbui merica. Bistec-nya orang Meksiko unik. Daging dipukul hingga rata lalu dibalur tepung roti dan digoreng. Biasanya disajikan di dalam tortilla sebagai taco. Bistec orang Spanyol antara lain disajikan bersama bawang merah. Karena itu, steak serupa bisa kita temukan di Amerika Latin dan Filipina.

 

Inggris, Kaya Aneka Saus Lezat

English Steak | DOK. SHUTTERSTOCK

Orang Inggris menyuguhkan steak bersama keripik kentang atau kentang goreng. Dilengkapi juga dengan bawang goreng, jamur, dan tomat. Saus yang digunakan adalah saus dari red wine, bordelaise, saus jamur, hollandaise, atau béarnaise. Sayuran seperti kacang polong, atau green salad biasanya ikut dijadikan pelengkap. Jangan kaget, kadang disajikan juga berbagai mustard.

 

Amerika Serikat, Terbungkus Roti Sandwich

Philly Steak | DOK. SHUTTERSTOCK

Steak di Amerika Serikat sering dilengkapi tumisan bawang bombay dan jamur. Tentu saja juga kentang lumat yang dipanggang. Kentang goreng juga sering dipilih orang, tetapi dengan ukuran yang lebih tebal dari kebiasaan banyak orang. Sayurannya bisa berupa salad, bisa juga berupa sayuran rebus. Mereka menyantap steak dengan pisau khusus steak yang bergerigi dan bergagang kayu. Kadang steak diiris tipis lalu disajikan di dalam roti. Steak seperti ini disebut philly steak.  

 

Kamu sudah cicip yang mana saja?

 

Baca juga:

Wajib Tahu 8 Macam Saus Steak Buatan Sendiri

Saus Jamur | SHUTTERSTOCK

5 Hal Yang Mungkin Kamu Belum Tahu Tentang Boba

Kenapa Boba Kenyal dan Enak? | SHUTTERSTOCK

Sarapan Daging Sapi Bikin Konsentrasi Pol Sepanjang Hari

Asupan Saat Sarapan Membantu Konsentrasi Anak Saat Di Sekolah | SHUTTERSTOCK

 

#dagingsapiaustralia