Cari tahu 6 bahan wajib untuk bikin salad enak. | SHUTTERSTOCK

Mau Salad Sayur Kamu Enak? Ini 6 Bahan Yang Wajib Ada!

author
Marti
Kamis, 21 November 2019 | 15:08 WIB

 

Biasa mencampur aneka sayur untuk salad? Nggak salah sih, tapi salad kamu akan jauh lebih enak kalau kamu menambahkan bahan-bahan salad yang di bawah ini. Nggak cuma enak di lidah, nutrisinya juga terpenuhi.

 

1. Sayuran Dasar

Selain menyumbang warna hijau segar, sayuran adalah bahan dasar yang membentuk salad. Pilihan sayur sebenarnya bebas. Tapi ada beberapa yang disarankan seperti aneka daun selada/lettuce (iceberg, romaine, keriting), kale, bayam, arugula dan kol.

Aneka selada ini bisa jadi pilihan sayur segar di salad kamu. | SHUTTERSTOCK

 

Klik di sini untuk resep Mixed Salad, Yang Segar Setelah Makan Aneka Makanan Bersantan.

 

2. Tekstur Renyah

Tekstur yang renyah membuat salad makin seru saat dimakan. Betul, kan? Nah, untuk menghadirkan teksyur yang renyah, kamu perlu tambahkan sayur yang renyah seperti wortel, mentimun, zukini atau paprika. Hadirnya croutons alias roti kering yang berbentuk kubus juga bisa membantu kalau kamu tidak bermasalah ada karbo dalam salad.

Ini dia rangkaian sayur yang bertekstur renyah. | SHUTTERSTOCK

 

3. Lembut Di Lidah

Berlawanan dengan yang bertekstur renyah, kamu juga perlu bahan yang terasa lembut saat salad menyentuh lidah. Jadi komplit kan, ada yang renyah dan juga ada yang lunak. Pilihannya bisa avokad, keju, ubi panggang/rebus, tomat atau buah zaitun.

Keju dan avokad, dua bahan yang bertekstur lembut. | SHUTTERSTOCK

 

Klik di sini untuk resep Lunch Salad yang bikin kamu sukses diet.

 

4. Protein

Biar nutrisinya makin tinggi, kamu bisa tambahkan protein dalam salad. Terutama kalau kamu mau menyantap salad sebagai menu utama makan siang/malam.

Pilihannya bisa protein hewani seperti daging ayam ataulah dengan bumbu minimal. Bisa juga pakai telur rebus atau irisan steak daging sapi. Untuk protein nabati bisa pakai tofu atau aneka kacang-kacangan.

Yuk, tambahkan protein sesuai selera kamu. | SHUTTERSTOCK

 

5. Unsur Kejutan

Dibilang kejutan karena rasanya memang bikin kaget di lidah atau memang tidak biasa ada di dalam salad. Sebut saja acar yang asam, semangka yang segar, potongan beef bacon yang digoreng garing, buah-buahan kering. Bisa juga berupa dedaunan aromatik yang bikin salad jadi harum dan mengundang selera.

Semangka segar bisa jadi kejutan, lho! | SHUTTERSTOCK

6. Dressing

Dressing sudah pasti jadi bagian paling nggak terpisahkan dari salad. Bisa yang memakai bahan dasar mayones seperti thousand island dan caesar’s dressing. Bisa juga yang berbahan dasar olive oil seperti french atau italian dressing. Mau berbasis yoghurt juga bisa kalau suka. Atau yang memakai minyak wijen pun jadi.

Dressing mana yang kamu suka? | SHUTTERSTOCK

 

Sudah siap bikin salad yang enak?

 

Simak juga:

Resep Mixed Salad ini praktis, cocok kalau kamu lagi malas repot.

Mixed Salad | ROMY PALAR/COOKIN.ID

Resep Salad Buah Saus Peach, Penutup Lezat Yang Tersaji Cepat

Salad Buah Saus Peach | ROMY PALAR/COOKIN.ID

Resep Salad Sayur Praktis Ini Bikin Kamu Enggak Malas Lagi Makan Sayur

Salad Sayur Praktis | SHUTTER STOCK