Makanan di Freezer dan Luar Freezer Beda Lama Bertahannya Saat Kulkas Mati | SHUTTERSTOCK

Ini Yang Harus Dilakukan Pada Makanan Dalam Kulkas Saat Listrik Mati

author
Marti
Kamis, 9 Januari 2020 | 16:48 WIB

 

Saat listrik mati, nggak cuma gelap dan gerah, perasaan pun jadi was-was dengan stok makanan di kulkas. Apa yang harus dilakukan dengan makanan di kulkas kalau mati listrik?

 

Musim hujan masih akan terus berlangsung selama dua bulan ke depan. Bahaya banjir juga masih mengintai. Otomatis, risiko mati listrik masih menghantui kita. Apa yang harus dilakukan dengan makanan dalam kulkas kalau listrik mati selama berjam-jam?

 

Makanan Di Dalam Freezer

1. Setelah kulkas mati, makanan dalam freezer bisa bertahan selama 48 jam kalau kondisinya penuh dan 24 jam kalau kondisinya 1/2 penuh. Syaratnya pintu freezer harus dalam kondisi tertutup tertutup.

2. Setelah masa di atas lewat atau kulkas kembali menyala, cek kondisi makanan. Kalau masih ada sisa kristal es dalam makanan atau suhunya masih di bawah 4 derajat Celsius, silakan bekukan lagi atau masak/konsumsi.

3. Kalau suhunya sudah di atas 4 derajat Celsius dan kulkas terus mati dalam dua jam berikutnya, maka sebagian besar makanan di freezer sebaiknya dibuang.

Sayuran Di Freezer Sebaiknya Dibuang Kalau Suhunya Melebihi 4 Derajat Celsius. | SHUTTERSTOCK

4. Pengecualian dari poin 3 yang bisa langsung dikonsumsi atau dibekukan lagi: keju keras, jus buah, buah beku, dan roti/cake tanpa isian custard/krim, termasuk waffle, bagels, pancake.

 

Makanan Di Rak Biasa

1. Saat kulkas mati, sebagian besar makanan di rak-rak non freezer masih bisa bertahan dalam kondisi baik selama empat jam saja. Sama seperti di atas, kulkas sebisa mungkin harus dalam kondisi tertutup, jangan dibuka tutup.

2. Dalam waktu 4-6 jam setelah kulkas mati, cek apakah suhu makanan masih di bawah 4 derajat Celsius. Kalau sudah lewat, sebagian besar makanan sebaiknya dibuang. Pengecualiannya ada di poin-poin berikut.

3. Pengecualian yang bisa langsung dimasak/dikonsumsi/disimpan lagi: keju keras, keju parut yang disimpan dalam wadah kedap udara, mentega, margarin, dan aneka jenis roti dan cake tanpa isian krim/custard termasuk waffle, bagels, pancake.

Roti Yang Disimpan Di Freezer/Biasa Masih Bisa Dikonsumsi/Disimpan Lagi. | SHUTTERSTOCK

4. Buah-buahan yang masih belum dikupas juga masih bisa dimakan/disimpan lagi. Begitu juga dengan jus buah, buah dalam kaleng yang sudah dibuka dan buah-buahan kering.

5. Sayur-sayuran segar yang masih belum dipotong juga masih bisa diselamatkan. Begitu juga dengan jamur, herbs dan bumbu rempah.

Sayuran Utuh Juga Masih Aman Dikonsumsi | SHUTTERSTOCK

6. Gimana dengan aneka saus untuk memasak? Yang bisa diselamatkan adalah selai kacang, kecap manis, kecap asin, saus bbq, hoisin, mustard dan dressing yang berbahan dasar vinegar. Sementara mayones, saus tartar, kecap ikan, saus tiram , dressing berbahan dasar krim dan saus spaghetti yang sudah dibuka sebaiknya dibuang.

 

Meskipun demikian, kondisi kulkas berbeda-beda. Aturan di atas tetap hanya sebagai patokan dasar. Kondisi makanan juga jadi pertimbangan apakah masih bisa dikonsumsi, entah berbau tidak normal, berlendir atau berjamur. Kalau kamu ragu, sebaiknya buang saja.

 

Baca juga:

Buah dan Sayuran Tersimpan Aman di Kulkas? Belum Tentu!

Menyimpan Buah dan Sayuran 1 rev | ALITA/COOKIN.ID

Selain Yoghurt, Ini 5 Sumber Probiotik Yang Gampang Didapat

Kimchi, sumber probiotik yang punya banyak penggemar. | SHUTTERSTOCK

Ingin 2020 Lebih Sehat? Yuk, Coba Olah Kembang Kol Si Pengganti Karbo

Kembang Kol Panggang Enak dan Gampang Dibuat | SHUTTERSTOCK