Sandwich terbuka atau smørrebrød dengan berbagai topping. | SHUTTERSTOCK

Makanan Skandinavia Selain Swedish Meatballs Yang Bikin Ngiler

author
Marti
Selasa, 14 Januari 2020 | 08:17 WIB

 

Makanan asal Skandinavia nggak cuma Swedish meatballs alias bola-bola daging. Cari tahu aneka makanan khas semenanjung Eropa yang nggak kalah populer dan bikin ngiler ini.

 

Sejak kemunculan toko furnitur raksasa asal Swedia, menu Swedish meatballs yang dijual di dalamnya jadi ikutan populer. Bola-bola daging bernama köttbullar ini memang menu yang sangat gampang ditemukan di negara-negara semenanjung Skandinavia yang meliputi Swedia, Norwegia, Finlandia, Denmark dan Islandia.

Yang berbeda mungkin bahan bola-bola daging, ukuran dan temannya saat disajikan. Di Swedia lazim disajikan bersama mashed potato dan saus lingonberry. Sementara di Denmark, meatballs ini biasa dimakan bersama acar kol, kentang dan bit.

Swedish meatballs duluan terkenal di dunia. | SHUTTERSTOCK

Di tahun 2020 ini, popularitas makanan asal Skandinavia diperkirakan akan meluas ke seluruh penjuru dunia. Yang pasti, bukan cuma meatballs. Dilihat dari geografisnya yang unik, makanan Skandinavia didefinisikan sebagai sajian yang sederhana tapi mengenyangkan. Seperti apa, sih?

 

1. Smørrebrød

Smørrebrød artinya butter and bread. Ini adalah sejenis sandwich terbuka dari Denmark yang terbuat dari roti gandum yang padat. Permukaan roti dioles butter/olesan lain sesuai selera.

Salmon, makarel dan herring, tiga ikan yang sering jadi topping smørrebrød. | SHUTTERSTOCK
 

Biasanya, roti diedarkan ke seluruh meja sementara tiap orang menambahkan topping sesuai selera. Topping-nya beragam, dari potongan daging dingin, acar ikan herring, sayuran segar, daging salmon asap, irisan keju, tomat, mentimun, telur, irisan bombay merah.

 

2. Gravlak

Gravlak artinya salmon yang ditimbun. Ini adalah metode asli yang dilakukan nelayan di Skandinavia yang mengubur salmon hasil tangkapan mereka di laut dalam garam, gula dan daun dill supaya awet.

Gravlak, Olahan Salmon Khas Skandinavia | SHUTTERSTOCK

Meskipun sekarang sudah digunakan metode yang lebih modern, nama gravlak tetap dipakai untuk menyebut irisan salmon tadi. Bisa dimakan sendiri, atau juga disantap bersama irisan roti gandum, kentang tumbuk, biskuit atau pun acar sayuran.

 

3. Kanelbulle

Ini sebenarnya nggak jauh beda dari cinnamon roll yang sudah nggak asing di dunia. Bahkan ada yang bilang, kanelbulle adalah cikal bakal dari cinnamon roll. Bedanya, selain kayumanis, pastry yang berasal dari Swedia ini juga menambahkan cardamon alias kapulaga di dalamnya.

Kanelbulle, cinnamon roll denan tambahan cardamom. | SHUTTERSTOCK

 

4. Våfflor

Ini adalah waffle khas Swedia yang sudah dikonsumsi sejak tahun 1600-an. Karena nggak pakai ragi, waffle ini nggak setebal waffle dari Belgia, sementara teksturnya mirip pancake.

Ada yang dibuat dengan tambahan telur (lebih mengenyangkan) ada juga yang dibuat tanpa telur sehingga lebih tipis dan ringan. Biasanya dimakan bersama selai lingonberry, krim kocok atau es krim.

Våfflor disajikan bersama brunost (keju cokelat) dan selai cloudberry. | SHUTTERSTOCK

 

5. Knäckebröd

Termasuk dalam roti, tapi sebenarnya lebih mirip crackers karena bentuknya yang tipis dan teksturnya yang agak keras. Knäckebröd dibuat dari tepung gandum yang diadoni bersama sedikit air sehingga kerenyahannya bertahan lama. Biasa disajikan saat sarapan, knäckebröd jadi alas untuk berbagai sajian seperti irisan daging, ikan, keju, buah atau dicelup dalam saus.

Knäckebröd dengan acar ikan herring. | SHUTTERSTOCK

 

 

Hmmm, bikin ngiler yah, Cookiners!

 

Baca juga:

Apakah Kulkas Yang Terendam Banjir Bisa Dipakai Lagi?

Kulkas yang terendam banjir masih bisa dipakai? | Peter Varga/SHUTTERSTOCK

Ini Yang Harus Dilakukan Pada Makanan Dalam Kulkas Saat Listrik Mati

Makanan di Freezer dan Luar Freezer Beda Lama Bertahannya Saat Kulkas Mati | SHUTTERSTOCK

Selain Yoghurt, Ini 5 Sumber Probiotik Yang Gampang Didapat

Kimchi, sumber probiotik yang punya banyak penggemar. | SHUTTERSTOCK