Kulkas yang terendam banjir masih bisa dipakai? | Peter Varga/SHUTTERSTOCK

Apakah Kulkas Yang Terendam Banjir Bisa Dipakai Lagi?

author
Marti
Jumat, 10 Januari 2020 | 17:44 WIB

 

Kulkas terendam banjir mungkin bisa dibersihkan. Tapi jangan tertipu dengan tampilan luar karena bahaya mengintai kalau kulkas terus dipakai.

 

Kulkas jadi salah satu alat rumah tangga yang terancam saat banjir datang. Ukurannya besar dan berat. Sementara ketika air menggenang makin tinggi dan cepat, kita harus berlomba-lomba adu cepat mengangkatnya ke tempat yang lebih tinggi. Kalau beruntung, kulkas masih bisa selamat. Kalau tidak, yaaa, sudah pasti kulkas bakal terendam.

Nah, pertanyaannya, ketika banjir surut, apakah kulkas masih bisa dipakai lagi? Banyak yang menyangka, ketika kulka selesai dibersihkan, kondisinya sudah mirip dengan saat sebelum banjir. Asumsinya, ya bisa dipakai lagi. Tapi tunggu dulu, masalahnya nggak sesimpel itu ternyata!

 

 

 

1. Lapisan Insulasi Basah

Saat ketinggian air mulai mencapai badan kulkas, risikonya air sudah meresap masuk ke dalam lapisan insulasi yang ada di seluruh badan kulkas. Lapisan insulasi ini adalah sekat berbahan busa polyurethane yang fungsinya untuk menjaga suhu dingin di dalam kulkas.

Lapisan insulasi pada kulkas. | MADEHOW.COM

Nah, air yang sudah meresap masuk ke dalam lapisan insulasi/sekat ini akan membuatnya basah. Dan untuk membuatnya kering akan butuh waktu lama karena posisinya yang tertutup rapat dan kondisinya dingin bahkan saat kulkas sudah teraliri listrik.

Air yang masuk ke dalam sekat ini akan membuatnya rawan tumbuh dan berkembangnya bakteri. Dan tentu saja karena kondisinya tertutup dan sulit dibuka, akan menyulitkan untuk dibersihkan.

 

2. Pemanas Bisa Mengantar Aliran Listrik

Beberapa bagian kulkas juga dilapisi dengan plat pemanas (dinamakan mullion heater) yang mencegah bagian luar kulkas berembun saat kulkas beroperasi. Inilah bagian yang terasa hangat saat kulkas beroperasi.

Pemanas di kulkas ini terletak di bagian pintu. | YOUTUBE.COM

Nah, saat lapisan ini terkena air dan kemudian teraliri listrik, risikonya adalah bahaya kesetrum (shock hazard). Kalau ini pasti jenis bahaya yang sudah nggak asing lagi, kan?

Untuk 2 kasus di atas, sudah jelas kalau kulkas sudah fixed nggak bisa dipakai lagi.

 

3. Bagaimana Kalau Air Tidak Sampai Mencapai Badan Kulkas?

Ada genangan air tapi tidak mencapai badan kulkas? Kemungkinan besar insulasi/penyekat juga masih dalam kondisi kering. Yang perlu diperiksa (oleh orang yang ahli tentunya) adalah kondisi mesin pendingin yang ada di bagian bawah atau belakang kulkas. Mesin ini biasanya dalam kondisi terlindungi kecuali terbentur hingga berlubang/tertusuk selama banjir.

 

Serahkan pengecekan mesin kulkas pada ahlinya. | SHUTTERSTOCK

Setelah itu, cek juga bagian tombol yang berhubungan dengan aliran listrik seperti defrost timer, termostat, katup pengaman. Ganti kalau ada bagian yang rusak. Dan kulkas pun masih bisa dipakai.

 

Gimana, sudah lebih siap menghadapi musim banjir sampai sebulan ke depan?

 

Simak juga:

Ini Yang Harus Dilakukan Pada Makanan Dalam Kulkas Saat Listrik Mati

Makanan di Freezer dan Luar Freezer Beda Lama Bertahannya Saat Kulkas Mati | SHUTTERSTOCK

Selain Yoghurt, Ini 5 Sumber Probiotik Yang Gampang Didapat

Kimchi, sumber probiotik yang punya banyak penggemar. | SHUTTERSTOCK

Ini Alasan Tinta Cumi Bikin Makanan Jadi Lebih Gurih

Tinta Cumi Bisa Bikin Risotto Lebih Gurih | SHUTTERSTOCK