Goji berry segar, cikal bakal versi kering yang biasa kita lihat. | SHUTTERSTOCK

Saatnya Mulai Konsumsi 7 Makanan Kaya Antioksidan Pencegah Kanker Ini

author
Marti
Selasa, 4 Februari 2020 | 18:14 WIB

 

Antioksidan jadi komponen penting supaya tubuh bisa bertahan terhadap serangan sel kanker. Ini dia makanan kaya antioksidan yang sebaiknya kamu mulai sering konsumsi.

 

Antioksidan sebenarnya diproduksi tubuh. Tugasnya melawan kerusakan sel tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas. Tapi saat radikal bebas ini jumlahnya terlalu banyak, antioksidan tubuh tidak lagi mencukup.

 

Yang terjadi adalah oxidative stress yang bisa merusak DNA dan struktur sel. Dengan sendirinya, tubuh jadi lebih rentan terhadap penyakit yang berhubungan dengan sel seperti kanker, jantung dan diabetes tipe 2.

 

Itulah pentingnya mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan antioksidannya. Ingin tahu apa saja? Di bawah ini beberapa jenis makanan berbasis tumbuhan yang kandungan antioksidannya tinggi. Mulai konsumsi dari sekarang, yuk!

 

1. Blueberry

Keluarga berry, terutama blueberry, ada di daftar atas buah-buahan dan sayuran yang punya kadar antioksidan tinggi. Kandungan antosianin yang tinggi pada blueerry bisa dicirikan dari warna buahnya yang cerah.

Blueberry bisa dimakan bersama pancake, lho! | SHUTTERSTOCK

 

Selain mengurangi risiko kanker dan jantung, blueberry juga terbukti bisa memperlambat penurunan kerja otak pada lansia, lho.

Selain dimakan sebagai buah, blueberry juga bisa kamu buat jadi jus dan smoothies, dimasukkan dalam dessert atau dijadikan topping pai.

 

2. Dark Chocolate

Dark chocolate adalah cokelat dengan kadar cocoa di atas 70%. Buat penyuka manis, rasanya mungkin agak pahit, tapi pasti nggak akan jadi masalah kalau tahu kadar antioksidannya tinggi.

Selain punya kekuatan melawan radikal bebas, dark chocolate juga bisa mencegah peradangan dalam pembuluh darah yang bisa menyebabkan gangguan jantung.

Jadi, yuk, pilih dark chocolate dibanding milk chocolate atau white chocolate. Selain, itu, dark chocolate juga bisa dijadikan minuman atau dimasukkan dalam adonan baking.

 

3. Strawberry

Masih dalam keluarga berry, tapi pastinya lebih mudah ditemui di pasaran dibanding blueberry. Selain kadar antioksian antosianin dari warnanya yang merah cerah, strawberry juga mengandung ellagic acid dan ellagitannins yang berfungsi sebagai anti kanker dan menormalkan kadar gula darah.

Sama seperti blueberry, strawberry bisa kamu konsumsi sebagai buah, jus, smoothies, puding, sampai bahan tambahan dessert.

 

4. Kale

Dia antara banyak jenis sayuran, kale ada di urutan atas yang punya kadar antioksidan tinggi. Dari banyak jenis kale, kale merah yang punya antioksidan lebih tinggi dibanding yang hijau.

Salad kale dengan tambahan buah bisa jadi cara enak menyantap kale. | SHUTTERSTOCK

Selain dimasukkan dalam salad, kamu bisa bikin kale jadi jus sayuran yang segar. Jangan lupa tambahkan buah-buahan segar untuk menaikkan rasanya, seperti pir, lemon atau kiwi.

 

5. Goji Berry

Beberapa tahun belakangan, goji berry marak jadi makanan super food karena kandungan nutrisinya yang tinggi. Dan antioksidan jadi salah satu manfaatnya. Bahkan sejak lama, dunia medis tradisional China sudah memanfaatkan buah kering ini.

Goji berry bisa dimakan begitu saja, dimasukkan ke dalam masakan atau jadi bahan tambahan dessert. Kalau kesulitan mencari goji berry, kamu bisa cari via toko di berbagai e-commerce.

 

6. Kol Merah/Ungu

Disebut red cabbage meskipun sebenarnya warnanya lebih dekat ke ungu. Seperti halnya buah atau sayur dengan warna cerah, kol merah punya kandungan antosianin tinggi, bahkan 4 kali lipat kol biasa.

Perlu diingat kalau cara mengolah kol merah menentukan berapa banyak antioksidannya bertahan. Direbus atau ditumis adalah cara memasak terbaik kol merah.

 

7. Raspberry

Ini adalah buah berikutnya di keluarga berry yang masuk daftar pemilik antioksidan tinggi. Dalam sebuah studi laboratorium, komponen dalam raspberry mampu membunuh 90% sel kanker yang terjadi pada usus, perut dan payudara.

Buah raspberry bisa dimakan begitu saja. Atau seperti blueberry dan strawberry, bisa dimasukkan ke puding, dessert, minuman, jus atau topping pai.

 

8. Bayam

Ini adalah sumber antioksidan yang sangat gampang ditemui, plus harganya ekonomis. Antioksidan dalam bayam terutama menjaga radikal bebas di area sekitar mata.

Menyantap bayam pastinya sudah nggak asing lagi. Selain dalam bentuk sayur, bayam bisa dijus, atau bisa juga jadi isian camilan.