Daun kelor dalam telur gulung. | SHUTTERSTOCK

7 Cara Mengonsumsi Daun Kelor Ini Bisa Kamu Coba Di Rumah

author
Marti
Senin, 24 Februari 2020 | 18:38 WIB

 

Dalam bentuk yang segar atau pun bentuk bubuk, daun kelor atau moringa ini bisa kamu konsumsi sehari-hari dengan praktis. Ini 9 cara mengonsumsi daun kelor yang bisa kamu coba di rumah.

 

Sudah banyak riset yang membuktikan manfaat kesehatan daun kelor alias moringa oleifera. Dari kandungan vitaminnya yang tinggi, kandungan nutrisi, sampai antioksidan dan manfaatnya untuk kesehatan pencernaan.

 

Baca juga: 3 Manfaat Tak Terduga Daun Kelor Untuk Kecantikan

 

Nah, kalo kamu mau ikutan dapetin manfaat dari daun kelor, bisa banget. Daun yang segar bisa kamu dapetin di pasar tradisional atau pun pasar modern. Daun bentuk bubuknya pun banyak dijual di situs e-commerce. Ini dia 9 cara mengonsumsi daun kelor yang bisa kamu coba di rumah.

 

Sayur Bening

Kalau sering bikin sayur bening dengan daun bayam, nggak ada salahnya sekali-kali diganti dengan daun kelor. Tambahkan wortel dan tomat supaya makin segar. Bisa dibumbui bawang merah dan temu kunci seperti resep sayur bening kebanyakan di Indonesia. Bisa juga pakai bawang bombay dan merica. Diseruput dingin saat cuaca panas, enak. Dimakan hangat saat cuaca dingin pun sedap.

Sayur bening daun kelor. | SHUTTERSTOCK

 

Moringa Tea

Teh moringa dalam bentuk daun teh atau bubuk teh memang banyak dijual di pasaran. Tapi kalau kamu punya daun kelor yang segar juga bisa dibuat jadi teh. Rebus daun kelor dalam air (perbandingan 1:3) selama 5 menit hingga mendidih lalu dinginkan. Moringa tea ini bisa dikonsumsi begitu saja atau ditambah madu.

Teh daun kelor bisa dibuat dari teh bubuk dan daun kelor segar. | SHUTTERSTOCK

 

Olahan Telur Praktis

Kalau kamu biasa memasukkan sayuran ke dalam olahan telur orak-arik atau omelet, bisa juga menambahkan daun kelor. Daun kelor segar bisa juga diiris tipis lalu dimasukkan ke dalam adonan telur untuk dibuat telur gulung. Pasti jadi menu unik di menu sarapan pagi kamu. Rebus atau kukus dulu daun kelor sebelum dimasukkan ke dalam adonan telur.

 

Tumisan Segar

Daun kelor segar bisa ditumis seperti layaknya kita menumis sayuran hijau lain. Dalam beberapa masakan India atau Filipina yang banyak memakai daun kelor, sering ditambahkan unsur rasa asam untuk mengimbangi rasa sedikit getir dari daun moringa ini. Asam ini bisa dari tamarin atau pun buah mangga muda.

 

Moringa Cheese Bites

Sering bikin cheese bites, si gorengan dari tepung dan keju? Nah, daun kelor juga bisa ditambahkan ke dalamnya. Jangan lupa, untuk cheese bite ini, daun kelor juga perlu direbus/dikukus dulu sampai lunak.

Moringa cheese bites ini bisa jadi cara kekinian makan daun kelor. | SHUTTERSTOCK

 

Tempura Ala Jepang

Sayuran yang digoreng dalam lapisan tepung ala tempura Jepang juga bisa memakai daun kelor. Karena ukurannya yang kecil-kecil, gabungkan dengan bawang bombay atau potongan kentang supaya lebih bervolume.

 

Bobor Kelor

Lagi-lagi ini terinspirasi dari olahan bayam yang dimasak bersama dengan kuah santan, biasa disebut bobor. Daun kelor juga bisa dimasak jadi bobor kelor.

Sayur bobor daun kelor. | SHUTTERSTOCK

 

Smoothies dan Oatmeal

Kalau kamu mengetik ‘moringa powder’ di kolom pencari situs e-commerce, maka kamu akan menemukan banyak toko yang menjualnya. Nah, kalau nggak mau repot-repot beli daun kelor di pasar, kami bisa memaksimalkan moringa powder ini. Salah satu caranya adalah memasukkannya ke dalam dessert, smoothies atau oatmeal.

 

Muffin atau Cake

Masih memaksimalkan moringa powder, kamu juga bisa memasukkannya ke dalam adonan camilan yang praktis seperti muffin, pancake, waffle dan atau cake yang sederhana.

 

Gampang, kan, Cookiners. Yuk, sekarang saatnya berburu daun kelor!