Alat masak dasar apa saja untuk pemula? | SHUTTERSTOCK

7 Alat Masak Dasar Buat Kamu Yang Baru Mulai Masak Saat Harus #DiRumahAja

author
Marti
Rabu, 1 April 2020 | 15:48 WIB

 

Terpaksa memasak gara-gara harus banyak diam di rumah? Jangan panik dulu, ini panduan 7 alat masak dasar buat kamu yang baru mulai masak.

 

Covid-19 memang bikin kita harus melakukan banyak hal untuk pertama kalinya. Pertama kali karantina, pertama kali work from home, dan buat sebagian orang, pertama kali memasak.

 

Nah, supaya usaha kamu belajar memasak lancar, ada alat dasar memasak yang kamu harus punya. Kami sudah sederhanakan jadi 7 alat saja. Ini dia!

 

1. Pisau

Ini alat utama untuk mempersiapkan bahan makanan yang akan dimasak. Satu buah saja dengan ukuran standar sebenarnya cukup, tapi kalau kamu punya ukuran kecil buat mengupas, lebih bagus lagi, nih!

Pilih chef's knife ukuran sedang untuk segala kebutuhan. | SHUTTERSTOCK
 

 

2. Talenan

Sekilas barang remeh, tapi talenan termasuk yang paling penting di dapur. Selain buat alas saat memotong bumbu, talenan juga jadi alas memotong bahan makanan dari daging sampai sayur. Oh iya, pisahkan talenan untuk daging mentah dan bahan lainnya supaya nggak terkontaminasi.

Pilih ukuran talenan sesuai kebutuhan dan area simpan di dapurmu. | SHUTTERSTOCK
 

 

3. Wajan

Biasa disebut juga sebagai penggorengan. Gunanya dari menggoreng sampai menumis. Ambil ukuran diameter minimal 25 cm ya. Permukaannya ada yang stainless steel, ada juga yang anti lengket. Pilih sesuai budget kamu aja. Stainless steel lebih aman dan tahan lama tetapi harganya relatif mahal.

Selain untuk menggoreng, wajan juga bisa untuk menumis sayur. | SHUTTERSTOCK

 

4. Panci Kecil

Biasa disebut juga panci sup. Gunanya untuk merebus makanan dalam jumlah kecil, bikin sup, atau juga merebus mi instan. Diameter panci ini biasanya 12-15 cm. Seperti wajan, bisa terbuat dari stainless steel atau pun dengan lapisan anti lengket.

Panci kecil dengan pegangan ini bisa jadi pilihan praktis. | SHUTTERSTOCK

 

5. Panci Besar

Panci besar berguna untuk merebus makanan dalam jumlah yang besar, terutama untuk beberapa porsi sekaligus. Berguna banget kalau kamu mau merebus pasta karena jumlah air harus banyak. Ukurannya variatif, dari 3 sampai 5 liter.

Panci kecil vs. panci besar. | SHUTTERSTOCK
 

 

6. Saringan

Saringan berguna untuk mengambil makanan yang kamu rebus, dari sayuran sampai pasta. Bisa juga dipakai untuk mempermudah saat mencuci beras atau kacang-kacangan atau juga meniriskan gorengan. Pilih yang berbahan dasar stainless steel.

Saringan juga banyak fungsinya saat memasak. | SHUTTERSTOCK

 

7. Satu Set Cooking Utensils

Biasanya dijual per set, yang terdiri dari sutil, laddle, sendok spaghetti, sutil berongga, sampai sendok ukuran besar. Masing-masing punya fungsi tersendiri sesuai alat yang jadi pasangannya (panci/wajan).

Beli satu set supaya harganya hemat. | SHUTTERSTOCK

 

 

Siap mulai memasak?

 

Simak juga:

Cara Menyimpan Bumbu Dapur, Di Dalam Atau Luar Kulkas?

Bumbu dapur, gimana cara simpannya supaya awet? | SHUTTERSTOCK

Biar Nggak Kacau, Ini 5 Cara Jaga Pola Makan Selama @#DiRumahAja

Siapa yang kerja di rumah dengan setting makan seperti ini? | SHUTTERSTOCK

Kitchen Library Ini Bisa Meminjamkan Alat Masak Apa Pun, Tertarik?

Alat dan Perangkat Memasak Apa Pun Ada Di Carlton Kitchen Libabry | SHUTTERSTOCK