Bumbu dapur, gimana cara simpannya supaya awet? | SHUTTERSTOCK

Cara Menyimpan Bumbu Dapur, Di Dalam Atau Luar Kulkas?

author
Marti
Selasa, 31 Maret 2020 | 14:14 WIB

 

Lagi menyetok banyak bumbu dapur, termasuk bahan empon-empon? Harus disimpan di suhu ruang atau di lemari es, sih?

 

Jawabannya, bisa di dua-duanya, tergantung kapan kita akan memakainya. Nah, baik di suhu ruang atau di dalam kulkas, perhatikan kondisi bumbu sebelum disimpan.

Yang jelas, yang sudah agak rusak atau terkelupas sebaiknya dipakai lebih dulu. Singkirkan juga yang sudah ada tanda-tanda berjamur. Soalnya, ini yang akan rentan cepat rusak atau menularkan ke bumbu yang lain saat disimpan.

 

Di Suhu Ruang

Tidak masalah menyimpan bumbu dapur jenis akar-akaran seperti jahe, lengkuas, kunyit dan teman-temannya di suhu ruang. Asaaal, sudah jelas akan dipakai segera atau maksimal seminggu ke depan.

Kunyit, salah satu bumbu akar-akaran yang sedang naik daun. | SHUTTERSTOCK

Masukkan bumbu akar-akaran dalam keranjang berlubang, kantung jaring atau kertas yang dilubangi. Lalu simpan di tempat yang tidak terkena cahaya, bersuhu sejuk (tidak panas) dan juga kering. Pastikan juga ada ventilasi keluar masuk udara.

Disimpan dalam suhu ruang, bumbu akar-akaran ini akan bertahan selama satu minggu. Lebih dari itu, bumbu tentunya akan kering dan atau layu.

 

Di Dalam Kulkas

Ini berlaku untuk bumbu dapur berbentuk daun-daunan (daun salam, daun sereh dan daun salam), baik akan segera dipakai atau mau disimpan lama. Bersihkan daun lalu keringkan, masukkan ke dalam wadah kedap udara. Dalam kulkas biasa, bisa tahan 1 minggu, sementara dalam freezer bisa tahan 3 bulan.

Nah, untuk bumbu akar-akaran yang tidak akan segera dipakai dan akan disimpan lebih lama dari 1 minggu, sebaiknya juga masuk ke dalam kulkas. Pastikan kondisi bumbu baik (tidak busuk dan tidak berjamur) dan tidak basah. Masukkan ke dalam wadah kedap udara. Di dalam freezer, bumbu bisa tahan 3 bulan. Kalau di kulkas biasa, bisa tahan 1 bulan.

Ada juga yang memarut bumbu akar-akaran ini sebelum disimpan di freezer (misalnya jahe). Parut jahe, masukkan ke dalam cetakan es lalu bekukan. Setelah beku, ambil lalu masukkan ke wadah kedap udara. Ini bisa tahan 6 bulan, lho!

Cara lain menyimpan bumbu akar di freezer. | SHUTTERSTOCK

Risiko bumbu yang disimpan di dalam bagian kulkas biasa terlalu lama tentunya juga akan busuk atau kering (dedaunan). Sementara akar-akaran bisa jadi tumbuh tunas atau layu dan kering.

 

Jadi, sekarang udah nggak bingung lagi kan menyimpan bumbu dapur?

 

Simak juga:

Biar Nggak Kacau, Ini 5 Cara Jaga Pola Makan Selama @#DiRumahAja

Siapa yang kerja di rumah dengan setting makan seperti ini? | SHUTTERSTOCK

4 Variasi Dalgona Selain Kopi Buat Kamu Yang Cuma Bisa #DiRumahAja

Kamu yang nggak suka kopi juga bisa minum Dalgona. | SHUTTERSTOCK

Waspada, Ini 8 Tanda Makanan Kalengan Sudah Rusak!

Jangan konsumsi makanan kalengan kalau ada tanda-tanda ini. | SHUTTERSTOCK