Banyak alat mengaduk kopi Dalgona, jangan gampang menyerah! | SHUTTERSTOCK

5 Alternatif Alat Untuk Mengaduk Dalgona Coffee, Kamu Punya Yang Mana?

author
Marti
Kamis, 2 April 2020 | 18:35 WIB

 

Penasaran pengin bikin Dalgona Coffee? Kuncinya ada di pengadukan kopi, gula dan air. Nah, ini 5 alternatif alat untuk mengaduk Dalgona Coffee.

 

Kalau melihat hasil akhir Dalgona Coffee, pasti kamu akan bertanya-tanya kenapa hasil akhir kopinya bisa sangat fluffy dan creamy. Kuncinya ada di pengadukan, Cookiners.

Ada beberapa alat yang bisa dipakai untuk mengaduk kopi, gula dan air ini. Saatnya kamu mengecek lemari dapur, apakah kamu punya salah satu dari alat ini. Lihat satu per satu, yuk!

 

1. Mixer

Kalau di rumah sering baking, pasti mixer jadi salah satu alat yang wajib ada. Alat ini gunanya buat mengaduk adonan, nggak cuma supaya tercampur rata, tapi juga supaya ‘naik’.

Mixer memberi hasil palin maksimal pada Dalgona. | SHUTTERSTOCK

Nah, saat membuat Dalgona Coffee, bisa dibilang mixer adalah alat yang bisa memberi hasil paling maksimal, yaitu fluffy dan lembut tapi tetap bervolume (nggak langsung kempes/cair lagi). Lama pengadukan 5-10 menit.

 

2. Whisk

Pada dasarnya, whisk berfungsi untuk mengaduk telur. Bentuknya yang unik memungkinkan telur naik saat diaduk terus menerus. Begitu pun saat mengaduk kopi Dalgona, bisa dicapai hasil memuaskan meskipun butuh waktu lumayan lama. Lama pengadukan sekitar 10-15 menit.

Proses pengadukan Dalgona dengan whisk. | SHUTTERSTOCK

 

3. Frother

Buat yang suka minuman kopi, pasti nggak asing dengan frother ini. Aslinya dibuat untuk mengaduk susu saat membuat cappuccino. Frother ada beberapa macam, ada yang berupa batangan dengan ujung ulir, sampai berbentuk gelas dengan mesin pengaduk di bawah. Keduanya memakai baterai dan listrik.

Frother si pengaduk susu bisa juga untuk mengaduk Dalgona coffee. | SHUTTERSTOCK

Saat dipakai untuk mengaduk kopi Dalgona, frother juga bisa membuat hasil akhir yang fluffy dan intens. Lama pengadukan sekitar 5-10 menit.

 

4. Immersion Blender

Kalau kamu cuma punya immersion hand blender ini, bisa juga dipakai. Meskipun dari yang sudah mencoba, hasil nggak akan terlalu maksimal. Sebabnya, blender mengalami pemanasan yang membuat campuran kopi, gula dan air tetap cair. Tapi boleh dicoba, sih! Lama pengadukan sekitar 5-10 menit.

Mau coba pakai immersion blender ini? Bisa! | SHUTTERSTOCK

 

5. Sendok

Kalau kamu nggak punya satu pun alat di atas, ya terpaksa harus pakai sendok, hi hi hi! Ini yang jadi asal kenapa kopi Dalgona perlu diaduk sampai 400 kali supaya hasilnya maksimal. Pilih sendok ukuran kecil dan panjang supaya nggak bikin tangan kamu capek. Lama pengadukan sekitar 15-20 menit

Sendok, alternatif terakhir pengaduk Dalgona coffee. | SHUTTERSTOCK
 

 

Semoga sukses, Cookiners!

 

Baca juga:

Butuh 400 Adukan, Rahasia Kopi Dalgona Yang Viral Saat Harus #WorkFromHome

Dalgona Coffee ala Korea yang viral ke seluruh dunia. | SHUTTERSTOCK

4 Variasi Dalgona Selain Kopi Buat Kamu Yang Cuma Bisa #DiRumahAja

Kamu yang nggak suka kopi juga bisa minum Dalgona. | SHUTTERSTOCK