Sudah bisa masak nasi yang hasilnya enak? | SHUTTERSTOCK

6 Skill Dasar Memasak Ala Indonesia Buat Kamu Yang Baru Belajar Masak

author
Marti
Selasa, 7 April 2020 | 19:10 WIB

 

Masa karantina ini jadi harus belajar memasak sendiri? No worries, kamu nggak sendirian. Simak 6 skill dasar memasak ala Indonesia buat kamu yang baru belajar masak.

 

Skill dasar memasak itu beda-beda di berbagai negara. Sebabnya, makanan khasnya beda-beda. Ada yang khas Indonesia, ada yang ala oriental sampai yang ala western.

Nah, kalau kamu termasuk penyuka masakan Indonesia, kayaknya harus tahu 6 skill dasar memasak ala Indonesia. Di tiap bagian ada contoh-contoh resep yang bisa kamu intip.

 

1. Masak Nasi

Sebagai orang Indo yang makanan pokoknya nasi, yang pasti kita wajib bisa masak nasi. Untung aja ada rice cooker yang sudah mempermudah hidup, iya kan? Ikuti saja takaran air dan beras yang tertera di rice cooker.

Biasanya beras dan air perbandingannya 1 : 1 1/2. Kalau kamu suka nasi yang agak kering, perbandingannya 1 : 1 1/4. Kalau mau manual, ukur jarak beras dan air sebesar 1 ruas jari telunjuk.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Cookin.Id (@cookin.id) on

 

2. Memakai Pisau

Pisau berguna untuk memotong aneka bahan yang mau dimasak, dari sayur, daging, ikan, tempe sampai bumbu-bumbunya sekaligus. Pastikan pisau yang kamu gunakan tajam, pas ukurannya dengan tangan kamu dan pas ukurannya dengan bahan yang kamu potong.

 

3. Menumis

Tumisan adalah salah satu jenis masakan yang paling gampang dibuat. Bisa menggabungkan sayuran dan protein sekaligus, bisa juga masing-masing.

Intinya, bumbu digoreng dalam sedikit minyak, lalu baru masuk protein dan atau sayurannya serta aneka saus (kalau ada). Ada bahan-bahan yang butuh waktu lebih lama ditumis, sementara bahan-bahan lain cukup sebentar saja, jadi perhatikan urutan memasukkan bahan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Cookin.Id (@cookin.id) on

 

4. Bikin Sup Berkuah

Sup bisa jadi comfort food di saat tubuh lagi nggak terlalu fit. Atau kalau badan sehat pun bisa jadi menu yang menyegarkan karena banyak kuahnya. Bikin sup diawali dari menumis bumbu lalu protein (kalau ada, misalnya ayam). Barulah kemudian dituang air dalam jumlah banyak dan ditambah sayuran. Dimulailah proses perebusan.

Kalau pakai bumbu instan, bisa dimasukkan ketika sayur sudah ada dalam rebusan. Rebus sampai semua sayuran matang. Ingat, ada jenis-jenis sayuran yang gampang matang, jadi perhatikan urutan memasukkannya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Cookin.Id (@cookin.id) on

 

5. Menggoreng

Gorengan pasti juga nggak bisa dipisahkan dari makanan orang Indo. Mau itu menggoreng lauk-pauk sehari-hari (tempe, tahu, ayam, ikan) sampai camilan gurih dan asin. Butuh minyak dalam jumlah banyak saat menggoreng. Ingat, minyak harus benar-benar saat kamu mulai menggoreng.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Cookin.Id (@cookin.id) on

 

6. Bikin Sambel

Ini yang nggak boleh dilewatin. Aneka sambal bisa dibuat dengan berbagai cara, ada yang pakai cabe mentah, ada yang harus digoreng dulu. Bikin sambel bisa pakai cobek dan ulekan tapi kalau nggak mau repot bisa juga pakai blender kecil atau chopper.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Cookin.Id (@cookin.id) on

 

 

Jadi mau tunggu apalagi? Yuk, mulai masak!

 

Simak juga:

7 Alat Masak Dasar Buat Kamu Yang Baru Mulai Masak Saat Harus #DiRumahAja

Alat masak dasar apa saja untuk pemula? | SHUTTERSTOCK

 

5 Alasan Kamu Gagal Bikin Kopi Dalgona

Jangan mau gagal lagi bikin kopi Dalgona. | SHUTTERSTOCK

5 Fakta Makanan Kaleng Yang Harus Kamu Tahu

Cara simpan pengaruhi ketahanan makanan kaleng. | SHUTTERSTOCK