Kenapa talenan kayu adalah yang terbaik? | SHUTTERSTOCK

Alasan Kenapa Kayu Adalah Bahan Talenan Terbaik

author
Marti
Rabu, 22 April 2020 | 19:27 WIB

 

Masih bingung pilih bahan talenan yang paling tepat? Pilih saja yang berbahan kayu. Ini alasan kenapa kayu adalah bahan talenan terbaik.

 

Dilihat dari bahannya, talenan punya beberapa macam: kayu, plastik, marble sampai bambu. Jangan ragu memilih kayu sebagai bahan talenan utama kamu. Soalnya, ada tiga alasan kenapa kayu adalah bahan talenan terbaik.

 

1. Kuat & Stabil

Talenan kayu yang dibuat dari kayu yang baik punya strukur yang kokoh dan kuat sehingga lebih stabil dan aman saat digunakan. Kayu-kayu yang biasa dibuat jadi talenan berkualitas baik adalah dari pohon maple dan walnut. Ini bikin talenan kayu juga tahan lama.

 

2. Tidak Merusak Pisau

Meskipun kuat, kayu punya tekstur permukaan yang tidak keras. Ini membuat permukaan pisau yang bersentuhan dengannya tetap terjaga kualitasnya. Meskipun ‘empuk’ tapi kayu tidak langsung terkoyak. Bahkan serat kayu punya kemampuan alami untuk kembali rapat setelah terkena pisau.

 

3. Mudah Dibersihkan

Sudah tahu cara membersihkan talenan kayu yang tepat? Gunakan air hangat dan sabun untuk penggunaan standar. Untuk penggunaan bahan makanan berlemak, gunakan air hangat dan jeruk nipis. Kerok sampai lapisan lemaknya hilang, lalu cuci seperti biasa. Jangan lupa keringkan di bawah cahaya matahari.

 

Nah, itu dia kelebihan talenan kayu yang membuatnya jadi bahan talenan terbaik. Tapi pertanyaan selanjutnya pasti, bagaimana dengan talenan-talenan berbahan lain? Yuk, kita lihat satu-satu kelebihan dan kekurangannya.

 

Vs. Talenan Plastik

Kelebihan talenan plastik adalah bobotnya yang ringan. Talenan plastik juga tampil dalam banyak warna sehingga lebih praktis ketika kita ingin punya talenan berbeda untuk tiap jenis bahan makanan untuk menghindari kontaminasi silang.

Tapi meskipun awalnya mudah dibersihkan, talenan plastik mudah terkoyak oleh goresan pisau. Koyakan ini lama-lama akan menyimpan bakteri dan membuatnya jadi susah dibersihkan.

 

Vs. Talenan Marble

Talenan berbahan marble terlihat mewah dari segi penampilan. Tapi bobotnya yang berat menjadikannya kurang praktis. Dan yang paling penting, permukaan marble yang keras bisa merusak pisau.

 

Vs. Talenan Bambu

Talenan bambu mendekati talenan kayu dari segi kualitas. Bahannya padat alami dan cukup keras sehingga tahan goresan pisang dan juga tahan resapan air. Tapi talenan bambu tidak tahan lama seperti talenan kayu.

 

Jadi, berapa pun talenan yang ingin kamu punya, pastikan talenan kayu salah satunya, ya, Cookiners!

 


Simak juga:

Tips Jitu Membersihkan Talenan Supaya Bebas Lemak dan Kotoran

Tips Membersihkan Talenan | ROMY PALAR/COOKIN.ID

7 Alat Masak Dasar Buat Kamu Yang Baru Mulai Masak Saat Harus #DiRumahAja

Pilih ukuran talenan sesuai kebutuhan dan area simpan di dapurmu. | SHUTTERSTOCK