Jamur Enoki | SHUTTERSTOCK

Awas, Jamur Enoki Dari Korea Selatan Mengandung Bakteri Listeria

author
Marti
Kamis, 25 Juni 2020 | 17:55 WIB

 

Kamu yang suka makan jamur enoki, patut waspada, nih! Soalnya, jamur enoki impor dari Korea Selatan dinyatakan mengandung bakteri Listeria yang berbahaya.

 

Jamur enoki termasuk jenis jamur populer di negeri kita. Jamur berbentuk batangan kecil berwarna putih ini seru jadi menu shabu-shabu, atau juga dipanggang sambil dibalut bersama daging shortplate.

Hari ini (25/06/20), pemerintah melalui Kementerian Pertanian RI menyatakan bahwa jamur enoki yang diimpor dari Korea Selatan mengandung bakteria Listeria. Sehingga, semua pelaku usaha diwajibkan untuk menariknya dari peredaran dan memusnahkannya.

 

Peringatan Internasional

Tentunya ini, berita ini tidak datang tiba-tiba. Peringatan akan bakteria Listeria dalam jamur enoki asal Korea Selatan ini sudah diterima pemerintah sejak bulan April 2020. Setelah melalui penyelidikan, barulah hari ini pemerintah membuat pengumuman.

Peringatan berasal dari International Food Safety Authority Network (INFOSAN) yang merupakan jaringan otoritas keamanan pangan internasional di bawah FAO/WHO ini. Sebabnya, ada beberapa kasus penyakit listeriosis di Amerika Serikat yang disebabkan oleh bakteri Listeria dalam jamur enoki asal Korea Selatan ini sudah makan korban. Ada 4 orang meninggal dan 30-an orang dirawat. Ditemukan juga kasus di beberapa negara lain.

Jamur enoki dalam shabu-shabu. | SHUTTERSTOCK

 

Berbahaya Bagi Kaum Rentan

Bakteria Listeria ini sendiri menjadi penyebab penyakit listeriosis yang gejala-gejalanya ditandai dengan sakit kepala, kehilangan keseimbangan, demam dan nyeri otot. Penyakit ini menyerang kaum yang rentan, dari balita, ibu hamil sampai orang usia lanjut. Pada ibu hamil, penyakit ini malah bisa menyebabkan keguguran.

Sampai saat ini, memang belum ada catatan penyakit listeriosis yang muncul di Indonesia akibat kontaminasi bakteri Listeria yang diimpor dari Korea Selatan. Dan meskipun ahli gizi berpendapat kalau bakteri ini akan mati kalau jamur enoki dimasak dalam suhu minimal 75°C, tapi nggak ada salahnya kita berhati-hati, Cookiners!



Simak juga:

Ini Bahan-Bahan Peach Gum Dessert Berikut Cara Mempersiapkannya

Ini dia bahan-bahan wajib dalam peach gum dessert. | SHUTTERSTOCK

Pancake Sereal Yang Cute Ini Bikinnya Memang Repot Tapi Layak Kamu Coba, Sih!

Pancake sereal bisa jadi alternatif kamu ngabisin waktu saat #DiRumahAja | SHUTTERSTOCK