marinade | Shutterstock

A-Z Cara Marinasi

author
Semy
Rabu, 17 Februari 2021 | 18:00 WIB

Marinasi atau merendam daging di dalam bumbu penting untuk membuat bumbu meresap ke dalam masakan. Terutama untuk kita yang terbiasa menilai enak tidaknya masakan dari resepan bumbu. Kalau bumbu tidak meresap, masakannya tidak enak. Nah, karena begitu penting, bagus kan, kalau kita belajar cara marinasi yang benar.

 

MERENDAM PUNYA RUMUS

Masak, sih? Begitu ternyata menurut ahli kuliner. Apa rumusnya? Begini rumusnya, 10 gr asam atau enzim, 30 gr lemak, dan bumbu sesuai selera. Mengapa merendam daging harus punya rumus seperti itu? Mari kita lihat alasannya.

  • ASAM

Yang dimaksud asam adalah cuka, buttermilk, air jeruk, jus buah, saus sambali. Asam melemahkan protein pada permukaan daging juga meningkatkan rasa

  • ENZIM

Enzim membantu memecah jaringan ikat pada daging. Enzim contohnya yogurt, jus nanas. 

  • LEMAK

Tujuannya mentransfer rasa ke dalam daging, juga untuk mempertahankan kelembapan. Ada lagi fungsi lemak yang penting yaitu menjaga rasa asam tidak dominan.

Lemak yang digunakan untuk merendam adalah olive oil, minyak wijen, yogurt, mayones, atau buttermilk. 

  • BUMBU

Racikan bumbu yang membuat daging punya rasa. Semakin kreatif kita meracik bumbu, semakin enak hasil masakannya. Contoh bumbu marinasi adalah, bawang putih, jahe, herbs.

 

Simak juga

Awas, Bumbu Marinasi Ayam Jangan Jadi Saus Cocolan

Ini Cara Marinasi Yang Tepat Supaya BBQ Tahun Baru Kamu Enak

Apa Beda Marinade dan Brine Saat Membumbui Daging?