Kapan Harus Bongkar Freezer | SHUTTERSTOCK

Kapan Harus Bongkar Freezer?

author
Semy
Selasa, 29 Juni 2021 | 18:26 WIB

Pertanyaan bagus, bukan? Kapan waktunya membongkar freezer. Kita sering merasa barang di dalam freezer aman sampai kapan saja sehingga tak perlu memberi jadwal pembongkaran. Salah besar! Ketika es batu yang kamu kunyah berbatu daging atau makanan, itu artinya freezer harus segera dibongkar dan dipilah isinya, Jangan-jangan sebagian sudah harus jadi penghuni tempat sampah. Ini trik mengisi freezer dengan bijak.

 

1. Selalu gunakan wadah kedap udara untuk menyimpan makanan. Menyimpan makanan di dalam kantung plastik, membuat kita merasa freezer masih lowong. Tanpa sadar kita terus menimbunnya. Akibanya sebagian malah kadaluwarsa.

 

2. Beri label wadah karena ketika beku, sulit mengetahui isi wadah ketika beku. Jangan lupa mencantumkan tanggal penyimpanan.

 

3. Letakkan makanan yang baru disimpan di bagian belakang dan biasakan untuk mengambil makanan yang terdepan (yang terlama disimpan).

 

4. Periksa suhu freezer secara teratur. Suhu yang tidak tepat membuat makanan mencair sebagian.

 

5. Bongkar freezer sebelum belanja bulanan agar kita tidak membeli barang yang sebenarnya sudah kita miliki.

 

6. Hilangkan kebiasaan melemparkan barang-barang sisa ke dalam freezer dengan niat akan dihidangkan/diolah lagi kemudian, tetapi kemudian terlupa. Makanan yang terlupakan ini membuat freezer penuh dan menghalangi sirkulasi udara dingin.

 

 

 

Simak juga

Kenali Tanda-Tanda Kulkas Perlu Diperbaiki atau Harus Diganti Sekalian

Bahan Makanan Ini Nggak Perlu Dicuci Sebelum Disimpan Di Kulkas

Cara Menyimpan Bumbu Dapur, Di Dalam Atau Luar Kulkas?