Berburu Vitamin, Ternyata Ada di Dapur Kita | Shutterstock

Berburu Vitamin ke Segala Penjuru, Ternyata Ada di Dapur Kita

author
Semy
Jumat, 16 Juli 2021 | 11:50 WIB

Ngapain cari vitamin murah sampai ke berbagai apotek. Lelah. Hasilnya sama saja. Sama-sama mahal. Mari kita cari imunitas dari bumbu dapur yang ternyata kaya zat-zat penting dalam menaikkan imunitas.

1. Jahe Merah

Ada gengeraol , limonene, capsaicin dan lainnya di dalam jahe merah yang terbukti ampuh buat menaikkan imunitas. 

2. Serai

Di dalam bumbu nan harum ini ternyata ada vitamin C dan B2 yang sedang kita buru ke segala penjuru.

3. Kunyit 

Mengutip dari Kompas.com, kunyit mengandung curcumin yang berperan sebagai imunomodulator alias meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh.

4. Jahe 

Jahe mengandung minyak atsiri yang berperan sebagai antioksidan penangkal radikal bebas.  Selain bisa meningkatkan daya tahan tubuh, jahe juga bisa menghangatkan tenggorokan sehingga baik dikonsumsi saat pilek dan batuk. 

5. Lengkuas 

Bumbu dapur yang satu ini mengandung glikosida kuersetin yang memiliki efek antioksidan. Senyawa tersebut bisa mengikat radikal bebas yang menimbulkan penyakit. 

6. Bawang Putih dan Bawang merah

Hampir di setiap masakan mereka hadir bikin masakan jadi lezat. Kali ini pun keduanya punya fungsi sama yakni sebagai antioksidan dan penangkal radikal bebas. 

7. Ketumbar 

Kecil-kecil cabai rawit. Meski kecil, ketumbar mengandung antiosidan yang juga bisa melawan radikal bebas

 

Cara Masaknya

Tentu saja kalau dimakan sedikit, bumbu-bumbu itu kurang berperan. Kita bisa mengolahnya jadi minuman sehingga dimakan dalam jumlah banyak. Atau pada bawang putih dijadikan baceman atau acar bawang putih yang sedang trend itu. 

 

 

 

Simak juga: