Gaya Sarapan 8 Nea=gara | Shutterstock

Gaya Sarapan 8 Negara

author
Semy
Kamis, 22 Juli 2021 | 12:37 WIB

Kita punya nasi uduk, bubur ayam, nasi pecel, atau gudeg buat sarapan. Negara lain pun punya sarapan khas yang kadang jumlah dan jenisnya bikin kita ternganga. Ini sarapan apa makan siang, ya. Tapi itu bukti bahwa memulai hari itu harus happy hatinya, happy juga tummy-nya. 

 

1. Inggris

Sarapan komplet orang Inggris bikin kita terngaga. Betul-betul komplet sepiring penuh. Kayaknya kalau kita dibekali sarapan dengan isi telur goreng, sosis, jamur goreng, kacang panggang, kentang goreng, roti dan tomat panggang pasti nggak makan sampai malam. 

2. Malaysia

Kita punya nasi uduk yang wangi serai, Malaysia punya nasi serupa, Nasi lemak, namanya. Disajikan bersama teri, kacang tanah, dan telur rebus. 

3. Australia

Roti panggang plus olesan vegemite cukup buat orang Australia membuka hari. Apa, sih vegemite. Apa itu vegemite? Ini adalah olesan roti yang dibuat dari ragi. Tak banyak orang non-Australia yang suka karena rasa pahitnya dan aromanya yang menempel terus di tenggorokan. 

4. Cina

Selain bubur, bakpao, dan cakwe, orang Cina punya banyak sarapan lezat. Salah satunya jianbing. Makanan ini berupa crepe yang ditabur daun bawang cincang, daun ketumbar, pasta kacang kedelai manis, dan saus cabai. Crepe kemudian  dibungkus. Beberapa gerai menambahkan keju dan ham sehingga jadi lbih enak lagi. 

5. Amerika Serikat

Ada banyak jenis sarapan orang Amrika. Salah satunya cereal yag disantap bersama suus dingin. Tetapi mereka juga gemar telur ceplok. Nah si telur ini disuguhkan bersama macam-macam. Antara lain, croissant, pancake tebal, roti, atau hash brown. Tak hanya itu, lo. Biasanya ada sosis panggang juga yang menemani sarapan ini. Jadi kalau sedang di hotel kepingin sarapan kayak gini, pesan saja, American Breakfast.

6. Meksiko

Tentu saja tortilla sudah pasti. Mereka menyantapnya antara lain dengan telur ceplok. Ada juga nasi goreng Meksiko. Tetapi yang terkenal dan juga dijadikan sarapan di berbagai negara lain, yaitu huevos rancheros, tortilla yang diberi topping telur ceplok dan saus salsa yang dimasak. Segarnya terbayang, ya.

7. Italia

Orang Italia biasa menyantap roti dan jam di saat sarapan atau yogurt dan buah. Cereal dan susu pun termasuk sarapan yang sering disantap orang Italia,

8. Belanda

Sebagian sarapan Belanda sudah kita kenal. Onbijtkoek misalnya (ontbijt sarapan, koek, kue). Atapu panekoek (crepe orang Belanda). Tetapi bukan itu saja. Mereka juga makan roti yang dioles butter bersama ham. Satu lagi yang mereka suka bikin untuk sarapan adalah French toast. Mereka punya nama keren untuk roti panggang yang dicelup campuran susu dan telur ini. Wentelteefjes, namanya.

 

Selain 8 negara yang sudah dituliskan diatas, ada juga 2 gaya sarapan ini, lho.

Sarapan Gaya Jepang

Sarapan Jepang terdiri dari nasi, sup miso, lauk pauk, dan acar. Kombinasi hidangan dibuat berdasarkan prinsip ichiju sansei. Maksudnya, seluruh sajian terdiri dari semangkuk sup plus tiga macam lauk, tentu bersama nasi.  Lauk-pauk biasanya termasuk ikan atau daging, hidangan telur, dan hidangan sayuran. Sarapan Jepang dianggap sehat karena terdiri dari berbagai hidangan yang seimbang,  karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan serat. Kombinasi yang seimbang dari elemen-elemen ini akan memberikan jumlah energi yang tepat untuk beraktivitas hingga sore hari.

Sarapan Gaya Perancis

Tak dinyana orang Prancis senang membuka hari dengan kudapan serbamanis. Padahal mereka buka penggemar manis. Pastry mereka yang terkenal biasa disajikan juga di saat sarapan selain roti baguette. Jam adalah teman makan pastry yang sering disajikan. 

 

 

Simak juga: