Makanan Yang Menurunkan Imunitas | Shutterstock

Awas! Makanan Ini Turunkan Imunitas Kamu

author
Semy
Jumat, 16 Juli 2021 | 11:58 WIB

 

Vitamin boleh kencang. Buah oke-oke aja diasup banyak-banyak demi peroleh antioksidan di dalam tubuh. Tapiiii kalau kamu juga rajin jajan makanan-makanan yang mengandung penurun daya tahan tubuh, sia-sialah vitamin dan makanan kaya vitamin yang sudah kamu asup. Nah, kurangi bahan makanan ini, ya. 

 

1. Gula

Tentu saja gula. Nah, kamu yang rajin pesan online minuman, minta less sugar, ya. Gula boleh, tetapi sedikit saja. Ingat batasan asupan gula Cuma boleh 7 sdt sehari. Wah, banyak, ya. Eh, tunggu dulu. Di dalam kecap yang tadi kamu kecrotin di bubur ayam atau di dalam saus tomat yang kamu bubuhi  pada  mi instant sudah banyak gulanyak, lo. Pokoknya, ingat, ya gula menurunkan kinerja sel darah putih yang sekarang justru lagi kita butuhkan untuk menggempur kuman datang.

2. Garam

Hidup tanpa garam? Hmmm… Tentu tidak. Garam boleh, tetapi coba puasa snack bertabur garam yang rasa asinnya sering tidak bisa lagi kita ukur akibat rasa keju, jagung bakar, atau barbeque. Kalau disebut garam, bukan hanya garam yang ada di meja, lo, ya, makanan yang diawetkan juga tinggi natriumnya. Stop dulu, yak arena garam bisa memunculkan peradangan akibat peningkatan interleukin. Hari gini harus cegah radang habis-habisan.

3. Lemak

Lemak memang bikin makanan kamu jadi enak. Sayangnya lemak ini menghambat kemampuan darah putih melawan serangan. 

4. Serat

Serat bukan cuma bagus buat kita rutin ke belakang di pagi hari. Serat punya fungsi lebih dari itu, Serat jago dalam menjaga stabilitas bakteri baik. Nah, si bakteri baik ini bagus buat sistem kekebalan tubuh kamu.

5. Alkohol dan Minuman Berkarbonasi

Stop, ya, stop kalau kamu mau jus yang kamu minum tadi pagi dan vitamin yang kamu tenggak tiap malam berfungsi maksimal. Tak rugi tak minum kopi atau minuman berkarbonasi setiap hari.  Cari jus yang dibuat dari buah-buah yang tidak terlalu matang.

6. Kopi dan Teh

Kopi dan teh bagus buat antioksidan. Sampai sini kamu betul. Tapi kalau terlalu banyak kamu minum hingga kamu tak bisa tidur, nah… turun, deh daya tahan tubuhnya. Apalagi kalau kopi dan tehnya kaya gula, wah…

7. Keripik Kentang, Roti Putih

Kentangnya bagus karena tinggi amilum yang sekarang disebut-sebut sangat diperlukan tubuh untuk kesehatan lambung. Tapi keripik yang digoreng bersentuhan dengan banyak lemak. Setelah matang ditabur garam pula. Komplet, dah menurunkan imunitas kamu. Dan juga roti putih yang glutennya banyak. 

 

 

 

Simak juga:

Berburu Vitamin ke Segala Penjuru, Ternyata Ada di Dapur Kita

Resep Minuman Imunitas Ini Dijamin Berkhasiat Sekaligus Enak

5 Cara Mengonsumsi Bawang Putih, Makanan Pendorong Imunitas Tubuh