Sup Terkenal di Berbagai Negara | Shutterstock

Sup Terkenal dari Berbagai Negara

author
Semy
Rabu, 4 Agustus 2021 | 08:00 WIB

Kuliner dua punya ribuan macam sup. Bahkan juga Indonesia yang punya soto, misalnya. Apa saja, sih, sup terkenal yang membuat orang tergila-gila. 

1. Clam Chowder (Amerika Serikat)

Sup kerang tiram yang dimasak di dalam kaldu ikan. Biasanya dilengkapi kentang, bawang bombay, bacon, dan susu. Biasa dimakan bersama roti.

2. Waterzooi (Belgia)

Hidangan klasik Belgia yang menggunakan ikan sebagai dasar. Penambah rasa gurih, ditambahkan krim atau susu. Isinya,  wortel, bawang bombay, seledri, daun bawang, dan diakhiri dengan sentuhan mentega dan kuning telur.

3. French Onion Soup (Perancis)

Sup dengan bahan dasar kaldu sapi yang ditambahkan caramelized onion / bawang bombay karamelisasi sebagai perasa dan pewarna. Klasiknya sup ditambahkan wine sebagai perasa. Sup dapat disajikan bersama crouton / roti panggang ukuran kecil.

4. Gazpacho (Spanyol)

Sup yang tidak dimasak ini disajikan dingin, terbuat dari tomat. Biasanya dikonsumsi saat musim panas.

5. Minestrone (Italia)

Sup yang sarat campuran sayuran disertai dengan pasta dan kacang-kacangan didalamnya. Disajikan bersama parutan keju parmesan.

6. Borscht (Russia dan Polandia)

Sup berbahan dasar ubi bit merah, disajikan panas atau dingin tergantung musim yang sedang berlangsung. Borscht selalu terhidang dengan sedikit krim asam.

7. Goulash (Hungaria)

Sup daging asal Hungaria. Ciri khasnya ada pada paprika Hungaria yang dipanggang sebagai perasa.

8. Mulligatawny (India)

Sup santan dengan aroma kari yang tajam. Isinya, potongan ayam, beras dan kelapa parut.

9. Miso (Jepang)

Sup asal Jepang yang menggunakan miso (taoco jepang).

10. Tom Yum (Thailand)

Sup dari kaldu ayam, ikan, atau udang. Ciri khasnya ada pada rasanya yang asam karena tambahan air jeruk lemon dan aroma daun ketumbar yang tajam. Selain asam, sup ini juga punya rasa pedas yang lumayan terasa.

 

 

 

Simak juga: