Cuma dimakan saat puasa, kolang-kaling banyak khasiat | Shutterstock

Cuma Dimakan Saat Puasa, Kolang-kaling Sebetulnya Sangat Berkhasiat

author
Semy
Sabtu, 7 Agustus 2021 | 09:44 WIB

Kalau kamu hanya menggunakan kolang-kaling untuk sajian pembuka puasa, keliru, loh. Kolang-kaling wajib dimakan setiap hari untuk kesehatan tulang dan kesehatan organ lainnya. Tak percaya? Bahasan berikut akan memaparkan khasiat istimewa si kolang-kaling. 

 

1. Tinggi Nutrisi

Di dalam 100 gr kolang-kaling terdapat protein, karbohidrat, vitamin, kalsium, zinc. Dan secara mengejutkan, juga antioksidan dan antiinflamasi.

 

2. Baik untuk Kesehatan Tulang

Nah, sekarang kamu baru percaya. Di dalam 100 gr kolang-kaling terdapat 91 mg kalsium. Kalau kamu menyantap 200 gr kolang-kaling sehari, kamu sudah mengasup kalsium lebih banyak dari susu (100 gr susu mengandung 125 gr kalsium).

 

3. Lancarkan Pencernaan

Kolang kaling  sarat serat sehingga dapat diandalkan dalam melancarkan pencernaan. Dan tentu baik juga untuk cegah wasir. 

 

4. Menyehatkan Kulit

Sifat antiinflamasinya membuat kulit kamu jadi sehat juga. 

 

5. Cegah Dehidrasi

Kandungan air kolang-kaling tak kurang dari 90 persen. Makanya menyantap kolang-kaling juga memasukkan cairan ke dalam tubuh. Jangan lupa pula kandungan mineralnya. 

 

6. Bisa Digunakan untuk Berdiet

Ada gelatin di dalam kolang-kaling yang membuat kamu tidak cepat merasa lapar. Tetapi karena nutrisinya juga baik, akan bagus juga untuk mengganti makanan yang kamu tidak santap akibat berdiet. 

 

 

 

Simak juga: