mother sauce | Shutterstock

Yuk, Kenalan dengan Mother Sauce

author
Semy
Rabu, 18 Agustus 2021 | 15:56 WIB

Mother sauce adalah ibunya 5 macam saus yang kamu sering santap selama ini. Kenapa disebut ibu? Karena 5 macam saus yang dimaksud dibuat dari mother sauce yang dikembangkan. Ayo, cari tahu lebih jauh.

Yang disebut mother sauce adalah roux. Kalau kamu bikin saus putih, cream sauce, atau cream soup biasanya menggunakan roux. Campuran mentega dan tepung terigu.  Nah, dari campuran ini kemudian ditambahkan bahan-bahan lain.Bahan yang berbeda menghasilkan saus yang berbeda. 

 

1.BECHAMEL

Saus Béchamel mungkin adalah saus induk yang paling sederhana karena hanya dengan 3 bahan, kamu sudah bisa membuatnya. Cukup tambahkan susu ke dalam roux, jadilah béchamel.Tentu ditambahkan aneka bumbu untuk membuatnya jadi lezat dan beraroma. Saus ini biasa digunakan untuk topping lasagna, skotel atau kaserol. Nah, sekarang tau, ya, saus putih di atas lasagna namanya berchamel. 

 

2. Saus Velouté

Nah, kamu yang tak mau menambahkan susu ke dalam roux, bisa menambahkan kaldu. Namanya jadi saus veloute. Kaldunya umumnya kaldu ayam. Tetapi tentu saja boleh menambahkan kaldu ikan atau kaldu daging.  Saus veloute sendiri bisa diturunkan menjadi  Saus Allemande ( saus veloute yang dikentalkan dengan kuning telur) dan  white wine sauce ( saus allemande ditambahkan krim dan anggur putih )

 

3. Saus Espagnole

Nah, saus ini dibuat dari roux yang ditambahkan kaldu cokelat. Jadi mirip dengan veloute, tetapi beda jenis kaldunya. Selain kaldu cokelat, ditambahkan juga tomat pure dan 

kompleks. Espagnole dibuat dengan mengentalkan kaldu coklat dengan roux. Jadi dalam pengertian itu, ini mirip dengan velouté. Perbedaannya adalah Espagnole dibuat dengan pure tomat dan cincangan aneka sayuran rebus. Kaldu cokelatnya seindiri dibuat dari brown stock. Brown stock dibuat dari tulang yang dipanggang.  

 

4.Saus Hollandaise

Entah mengapa saus hollandaise disebut sebagai turunan dari roux karena pembuatannya tidak mencampur mentega dan tepung. Saus ini lebih rumit pembuatannya.Campuran kuning telur, air jeruk lemon, garam, dan air dikocok sambil ditim sampai kental. Lalu ditambahkan mentega yang sudah dilelehkan sampai jernih sambil terus dikocok sampai kental.Saus ini biasanya disajikan bersama poach egg, seafood, atau sayuran.

 

5. Saus Tomat

Saus ini menyerupai saus tomat tradisional yang mungkin kita gunakan pada pasta dan pizza. Membuatnya cukup rumit karena perlu mencampur tomat, kaldu dan tulang yang direbus dalam waktu ukup lama. Tetapi saus ini kemudian dikentalkan dengan roux. 

 

Kelima saus di atas masih bisa diturunkan lagi menjadi banyak macam saus dengan menambahkan aneka bahan seperti keju misalnya.

 

 

 

Simak juga:

Saus Populer Dunia

Saus Butterscotch Lezat Ini Bikinnya Cuma Pakai 5 Bahan Doang