| Shutterstock

Ini Perbedaan Cumi-cumi dengan Sotong yang Perlu Kamu Tahu

author
Ruth Sinambela
Minggu, 26 September 2021 | 11:19 WIB

Mungkin selama ini kamu mengira sedang menikmati cumi-cumi saat makan sotong, atau sebaliknya. Kedua hewan laut ini memang terlihat mirip, apalagi jika sudah dipotong-potong, dimasak, dan disajikan bersama nasi dan berbagai sajian pelengkap.

Keduanya juga punya rasa yang sama nikmat, sehingga kadang kamu tidak terlalu memedulikan hewan laut mana yang sedang kamu makan. Tapi, gak ada salahnya untuk mengetahui apa sih perbedaan keduanya? Yuk simak artikel ini hingga akhir!

 

Perbedaan bentuk

Ukuran cumi-cumi relatif lebih kecil daripada sotong. Cumi-cumi panjang dan meruncing dengan sirip kecil di bagian belakang. Terdapat 10 tentakel dan mata besar di sisi kanan kiri tibuhnya. Sedangkan sotong hanya punya delapan tentakel dan sebuah penghisap yang digunakan untuk menangkap mangsa. Bentuk tubuh sotong pipih memanjang. Ukurannya mencapai 15-25 cm.

 

Perbedaan kandungan gizi

Keduanya sama-sama baik untuk tubuh kok, cookiners. Jadi, pilih saja mana yang sesuai dengan seleramu. Dalam 300 gram sotong ada sekitar 28 gram protein, sedangkan pada cumi-cumi, kadar proteinnya lebih tinggi, yaitu 48 gram. Kemudian, dalam 100 gram cumi-cumi terdapat 32 mg kalsium, 680 mcg zat besi, 33 mg magnesium, dan 44 mg sodium. Sedangkan pada 85 gram sotong, ada 153 mg kalsium, 51 mg magnesium, 3 gram zinc, 493 mg fosfor, dan 9,2 mg zat besi.

 

Memilih cumi-cumi dan sotong yang segar

Pastikan sotong dalam keadaan kenyal dan tidak lembek saat ditekan. Biasanya sotong segar berwarna putih dengan bintik hitam, sedangkan yang sudah cukup lama masa tangkapnya akan berubah jadi warna kemerahan atau keunguan.

Kemudian, kamu juga perlu mencoba mengangkat sotong dari wadahnya saat memilih. Jika kepala dan badannya tidak terlepas, kemungkinan besar sotong masih dalam keadaan fresh.

Nah, kalau cumi-cumi segar, warnanya juga putih cerah. Cumi-cumi yang berwarna merah muda atau kekuningan sudah tidak segar dan tak layak dikonsumsi. Cumi-cumi segar juga tidak berbau amis dan menyengat. Pastikan juga kulit ari cumi-cumi belum berubah warna jadi keunguan, dan matanya masih bening jika ingin memilih yang masih segar.

 

Simak juga:

Rahasia Sambal Cumi Nikmat

Pengin Makan Lahap? Pilih Cumi Rica Kemangi Ini Sebagai Lauknya!

Ini Alasan Tinta Cumi Bikin Makanan Jadi Lebih Gurih