Tinta Cumi Bisa Bikin Risotto Lebih Gurih | SHUTTERSTOCK

Ini Alasan Tinta Cumi Bikin Makanan Jadi Lebih Gurih

author
Marti
Senin, 6 Januari 2020 | 18:13 WIB

 

Tinta cumi sudah ratusan tahun digunakan sebagai bahan tambahan makanan. Nggak cuma menyumbang warna hitam yang cantik, tapi juga rasa gurih yang lezat. Kok bisa?

 

Pasta berwarna hitam dari tinta cumi bukan makanan yang asing di lidah kita. Tinta cumi memang sering dijodohkan dengan pasta. Ini mengingat sejarahnya, tinta cumi memang populer di masakan mediterania (Spanyol, Prancis, Italia, Turki, Yunani Dan Timur Tengah).

Di Asia sendiri, selain pasta, nasi juga sering dijodohkan dengan tinta cumi. Nggak jarang juga dijadikan bahan utama saus. Jepang jadi salah satu negara yang kreatif menciptakan hidangan dengan tinta cumi ini.

Proses menambahkan tinta cumi ke dalam adonan pasta. | SHUTTERSTOCK

 

Kenapa Warnanya Hitam Pekat?

Balik ke ilmu biologi, fungsi tinta pada cumi adalah sebagai mekanisme pertahanannya terhadap kejaran predator. Tinta cumi pekat karena saat di semprotkan bisa mengecoh predator dan kondisi sekitar sementara cumi meloloskan diri.

Bahan utama yang membuat tinta cumi hitam pekat adalah melanin, pigmen yang sama yang menentukan warna kulit kita. Selain melanin, ada juga sejumlah enzim dan hormon lainnya meski jumlahnya kecil.

 

Kok Bisa Bikin Gurih?

Penggunaan tinta cumi pada masakan laut bisa memperkuat rasa ‘makanan laut’ itu sendiri. Tapi nggak cuma itu, tinta cumi juga membuat makanan lebih gurih tanpa butuh penguat rasa tambahan.

Saus tinta cumi bikin makanan lebih sedap alami. | SHUTTERSTOCK

Rasa gurih ini datang dari tingginya kandungan glutamat alami dalam tinta cumi. Glutamat alami adalah salah satu jenis asam amino penting untuk menyusun protein di tubuh kita. Rasa gurih alami juga jadi salah satu penanda kalau makanan yang kita makan mengandung protein.

 

Tinta Cumi Dalam Kemasan

Kalau kamu berniat masak menggunakan tinta cumi, bisa mengambil tintanya dari cumi segar atau bisa juga memakai tinta cumi dalam kemasan yang banyak dijual di supermarket.

Salah satu kemasan tinta cumi yang beredar di pasaran. | DOK. PETERSOFKENSINGTON.COM.AU

Meskipun tidak ada batasan dalam pemilihan jenis cumi untuk diambil tintanya, tapi kebanyakan tinta cumi dalam kemasan diambil dari cumi jenis sotong alias cuttlefish. Alasannya, tinta cumi dari sotong ini punya rasa lebih lezat dan kaya.

 

Nah, tertarik untuk memasak dengan tinta cumi?

 

Simak juga:

5 Makanan Ini Bisa Dimakan Bersama Pembungkusnya!

Ello Jello, gelas dari rumput laut dari Evoware Indonesia. | DOK. INSTAGRAM/ELLOJELLO.ID

Lagi Mau Bikin Resto? Coba Konsep Dapur Terbuka Yang Makin Diminati Ini

Kebersihan dan Kerapian Bikin Pengunjung Yakin Dengan Kebersihan Makanan. | SHUTTERSTOCK