| Shutterstock

Dapur Berminyak Setelah Masak Besar? Ini Tips Membersihkannya dengan Mudah

author
Ruth Sinambela
Minggu, 26 September 2021 | 11:29 WIB

Masak sendiri di rumah memang menyenangkan. Kita jadi bisa eksplorasi dan menambahkan bahan-bahan yang kita sukai lebih banyak daripada kalau membelinya di restoran. Kita juga bisa menyesuaikan rasa sesuai selera, dan yakin dengan kebersihan serta kandungan gizi di dalamnya.

Tapi, bagi Sebagian orang, ‘aftermath’ dari memasak bisa jadi sesuatu yang memusingkan. Melihat begitu banyak cucian piring serta peralatan lainnya, dan kondisi dapur yang kotor – adalah alasan Sebagian orang jadi ‘malas’ masak di rumah.

Apa hal ini juga terjadi padamu, Cookiners? Jangan terlalu cepat mengambil keputusan untuk ‘malas masak’ di rumah, dong. Kalau yang jadi masalah untukmu adalah lantai dapur, meja, serta peralatan masak yang berminyak dan susah dibersihkan, kamu bisa mengaplikasikan beberapa tips sederhana ini, supaya pengalaman memasak di rumah jadi lebih menyenangkan!

 

Mengepel 2 kali

Meski terasa melelahkan, mengepel lantai sebanyak 2x terbukti efektif membersihkan percikan minyak di lantai usai masak besar. Saat pertama kali mengepel, kamu bisa menggunakan air hangat dan cairan pembersih lantai. Diamkan beberapa saat, kemudian pel lagi dengan air yang sama.

 

Alkohol

Menyemprotkan alkohol ke alat dan area dapur dapat membantu menghilangkan noda minyak membandel. Selain itu, alkohol juga bisa jadi desinfektan sekaligus antiseptik yang mampu membunuh bakteri serta jamur.

 

Sabun cuci piring

Meski namanya sabun cuci piring, nyatanya cairan pembersih yang satu ini juga bisa kamu gunakan untuk membersihkan meja bahkan lantai dapur yang berminyak. Tapi, jangan lupa membersihkan sisa sabunnya dengan sempurna setelah menggunakan sabun cuci piring, karena jika tidak, akan sangat licin saat kamu berjalan di atasnya.

 

Baking soda

Bahan campuran kue dan masakan ini terbukti dapat membantumu membersihkan meja dapur termasuk kompor yang kecipratan minyak serta kuah atau bumbu masakan, lho. Bahkan kotoran yang sudah mongering atau berkerak sekalipun. Caranya mudah. Campurkan air dan baking soda, lalu celupkan kain bersih atau spons ke dalam larutan tersebut. Usapkan ke area dapur, kompor, atau lantai yang kotor karena minyak

 

Tepung terigu dan garam

Belum pernah melakukan trik yang satu ini? Kamu pasti akan terkejut karena ternyata campuran keduanya benar-benar bekerja dengan baik dalam membersihkan tumpahan minyak dalam jumlah besar yang biasanya sulit dibersihkan. Taburi bagian tersebut dengan tepung terigu atau garam, diamkan beberapa saat, lalu lap dengan tisu atau koran bekas untuk mengangkat sisa terigu atau garam bersama kotoran minyak yang sudah terserap.

 

Itu dia beberapa cara mudah yang bisa kamu coba di rumah. Masak-masak jadi semangat, bersih-bersihnya juga lebih mudah!

 

Simak juga:

Berburu Vitamin ke Segala Penjuru, Ternyata Ada di Dapur Kita

Iseng Di Dapur, 5 'Keajaiban' Ini Hasilnya, Coba Yuk!

Cara Gampang Mencuci Lap Dapur Supaya Kuman dan Virus Lenyap