Lap dapur bersih, selain bebas kuman dan virus, bikin masak jadi semangat | SHUTTERSTOCK

Cara Gampang Mencuci Lap Dapur Supaya Kuman dan Virus Lenyap

author
Marti
Sabtu, 7 Maret 2020 | 09:00 WIB

 

Lap dapur kotor adalah salah satu sumber kuman di dapur. Simak cara gampang mencuci lap dapur supaya kuman dan virus lenyap. Penting, nih, untuk menjaga supaya kita terhindar dari berbagai penyakit.

 

Dapur sumber kuman, itu betuuul. Salah satu benda yang berpotensi menyimpan bakteri adalah lap. Biar kuman, bakteri dan virus nggak berkembang, lap harus sering dicuci. Cara mencuci lap berikut nggak cuma bikin lap bebas kuman tapi juga bebas lemak dan bau tak sedap.

 

1. Cuci Teratur

Cuci lap secara teratur meskipun tidak terlihat kotor. Karena fungsinya yang untuk mengeringkan atau membersihkan, lap berpotensi menyimpan kuman. Idealnya, lap dicuci setelah dua hari dipakai atau sebelum berbau.

 

2. Pakai Air Hangat

Rendam lap dalam air hangat dan cuka selama 15 menit. Tambahkan juga 1 sendok makan baking soda. Kombinasi air hangat, cuka dan baking soda ini nggak cuma melunturkan lemak tapi juga menghilangkan bau tak sedap.Kalau lap berwarna putih, boleh memasukkan pemutih.

Cuka dan baking soda, dua elemen pembersih andalan. | SHUTTERSTOCK

 

3. Mesin Cuci atau Tangan

Lap bisa dicuci dengan mesin cuci atau dikucek tangan. Gunakan sabun seperti biasa. Gunakan pilihan air panas kalau mesin cuci punya fitur tersebut.

 

4. Langsung Keringkan

Jangan pernah meninggalkan lap yang sudah dicuci dalam mesin pencuci. Risikonya bakteri akan langsung berkembang lagi. Jadi langsung keringkan atau jemur di bawah matahari.

 

5. Rendam Dalam Air Mendidih

Sebulan sekali, masukkan lap dalam panci berisi air mendidih selama 5-7 menit. Ini akan membunuh bakteri membandel dan juga menghilangkan sisa bau tak sedap.

 

6. Simpan Tergantung

Saat menggunakan lap, simpan lap dalam posisi tergantung sehingga akan mengering sendiri kalau lembab habis dipakai. Gunakan 2-3 lap sekaligus supaya bisa bergantian dipergunakan dan membiarkan yang lain kering sebelum dipakai lagi.

Dua atau tiga lap sekaligus bisa menghindati lap lembap. | SHUTTERSTOCK

 

Lap dapur bersih nggak cuma bikin penyakit menjauh, tapi memasak juga jadi lebih nyaman, Betul, nggak, Cookiners?

 

Simak juga:

Ini Fakta Pentingnya Cuci Tangan Saat Masak Agar Virus dan Kuman Mati

Wajib cuci tangan setelah mengolah ayam mentah. | SHUTTERSTOCK

Cara Belanja Aman Di Supermarket Supaya Terhindar Dari Virus Corona

Cara aman belanja di supermarker supaya terhindar dari virus corona. | SHUTTERSTOCK

Oven Gas Atau Listrik? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Oven gas dan oven listrik, masing-masing ada kekurangan dan kelebihannya. | SHUTTERSTOCK