Nama Makanan Yang Menyesatkan | Shutterstock

Hati-hati Nama Masakan Bisa Menyesatkan

author
Semy
Rabu, 6 Oktober 2021 | 15:00 WIB

Pernah dengar kue yang namanya kuping gajah? Yang tahu atau pernah lihat dan mencicipi, pasti sudah paham bahwa makanan ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan kupingnya gajah. Ada banyak lagi makanan yang namanya sangat menyesatkan seperti lidah kucing atau telur cecak. Dan penamaan “sesat” ini terjadi di seluruh dunia. Mari kita lihat beberapa di antaranya.

 

1. Bombay Duck

Ini justru nama ikan yang dikeringkan  dalam waktu lama yang diolah dengan cara digoreng tepung atau dimasak bersama santan. 

2. Prairi oyster

Kalau liat menu di daftar menu resto, jangan buru-buru memesan karena mengira hidangan ini adalah tiram yang hidup di prairie. Prairi oyster adalah nama minuman yang dibuat dari campuran telur mentah, saus inggris, saus cabai, cuka, dan jus tomat. Minuman ini adalah obat mabuk yang konon sangat mujarab.

3. Welsh Rabbit

Alih-alih kelinci, ini hanya campuran keju leleh dan bir yang biasa dituangkan di atas roti panggang panas. 

4. Head of Lion

Bakso dari cina ini bukan dibuat dari daging batau kepala singa, tetapi karena ukurannya besar dan campuran kubisnya tampak seperti kumis singa, maka dinamakanlah kepala singa. Jadi jangan takut memesan hidangan ini di resto, ya. Sama sekali bukan dari kepala singa, kok. 

5. Angsa Kolonial (Colonial Goose)

Makanan ini malah terbuat dari domba, bukan angsa. Tetapi makanan ini sengaja diberi nama angsa agar ketika dimakan mengingatkan si pemakan pada kelezatan daging angsa. Colonial goose dibuat dari daging domba tanpa tulang yang diisi campuran madu, aprikot, dan roti tradisional lalu difermentasi di dalam red wine. Konon setelah dipanggang, rasanya mirip angsa betulan. 

6. Hen of the Wood

Jangan karet mencicipi Hen of the Wood yang sama sekali tidak terasa seperti ayam. Makanan ini memang hanya jamur liar yang biasa digunakan sebagai obat. Orang Jepang menyebutnya maitake. Ukurannya sangat besar, kira-kira seukuran kentang, tapi ada juga yang beratnya 50 kilogram. Jamur ini bisa mencegah diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan kegemukan. 

7. Perut ayam

Ini kue kita yang sangat enak. Adonannya mirip adonan donat yang dibuat encer lalu disemprotkan ke dalam minyak dengan cara dilingkarkan hingga berapa usus yang melingkar. Kue ini enak dan sangat populer, tetapi sama sekali bukan dari usus ayam, ya.

 

 

 

Lihat juga: