Kenali Beberapa Jenis Sandwich | Shutterstock

Kenali Beberapa Jenis Sandwich

author
Semy
Rabu, 6 Oktober 2021 | 16:00 WIB

Sandwich sering disebut roti lapis karena dibuat berlapis, roti-isi-roti. Ini susunan yang minimal. Bisa saja disusun lebih tinggi lagi. Jenis sandwich tak melulu dari isinya seperti chicken sandwich atau beef sandwich. Ada juga jenis sandwich yang mungkin kamu belum tau. Nah, ini beberapa di antaranya.

 

1. Sub Sandwich

Submarine sandwich asal katanya. Roti yang digunakan adalah roti panjang sehingga sekilas mirip kapal selam. Conti (1874–1954), seorang imigran Italia yang datang ke New York pada akhir abad ke-19 menjual  sandwich tradisional Italia ini. Rotinya panjang,  diisi dengan potongan daging dingin, di atasnya ditutup  selada, tomat, paprika, bawang, minyak, cuka, bumbu, dan rempah-rempah Italia. Ciri khasnya, sandwich dimulai dengan lapisan keju dan diakhiri dengan lapisan keju.

2. Club Sandwich

Asalnya dari Club House Sandwich. Roti lapis panggang ini biasa diisi irisan ayam, ham, atau bacon goreng. Dilengkapi selada tomat, dan mayones. Biasa disajikan dalam bentuk potongan dan ditusuk dengan tusukan lidi supaya isinya tidak berhamburan. Rotinya sendiri bisa dua iris atau tiga iris.  

3.Pocket sandwich

Sesuai namanya, sandwich ini berbentuk kantung. Isinya dari daging atau bahan lain yang dimasak. Rotinya sendiri biasanya menggunakan roti pita atau roti lain yang bisa dibuat kantung.

4. Dagwood Sandwich

Sandwich tinggi yang berlapis-lapis. Isinya berbagai daging, keju, dan sayuran.  Dinamai  “dagwood” karena sandwich ini meniru Dagwood Bumstead, karakter sentral dalam komik strip Blondie, yang sering digambarkan membuat sandwich besar. 

5. Cuban Sandwich

Sandwich-nya orang Kuba. Dikenal juga sebagai sandwichnya Tampa karena banyak buruh Kuba bekerja di pabrik rotkok di Tampa. Sandwich ini dibuat dari roti khas Kuba panjang 20-30 cm. Yang tradisional, permukaannya diolesi minyak zaitun, irisnya diolesi mentega. Dagingnya bisa babi panggang, ham, atau salami. Ada acar dan keju swiss yang membuat sandwich ini disukai.  Biasanya setelah diisi, sandwich akan dipanggang sambil ditekan seperti Panini. 

6. Croque Monsieur  Sandwich

Croque monsieur sandwich panas berisi daging ham panggang dan keju. Rotinya bisa brioche atau roti biasa. Di atas daging biasanya diparutkan keju emmental atau gruyere. Setelah itu roti dipanggang. 

Ada juga yang dicelupkan dahulu ke dalam telur lalu digoreng di dalam mentega hingga kecokelatan. Croquet monsieur seperti ini disebut monte cristo. Uniknya lagi, ada croque madame yang merupakan versi vegetariannya, berisi keju dan  sayuran.

 

 

 

Lihat Juga: