Membuat scrambled egg yang lembut dan fluffy salah satunya dipengaruhi oleh teknik pengadukan. | Shutterstock

8 Rahasia Membuat Scrambled Egg yang Fluffy dan Lembut

author
Marti
Jumat, 10 Mei 2024 | 18:51 WIB

Penulis: Marti

Terkesan mudah dibuat, tapi kalau tekniknya salah, scrambled egg tidak akan selembut harapan kamu. Yuk, cari tahu rahasia scrambled egg yang lembut berikut ini.

Scrambled egg adalah salah satu pilihan menu sarapan yang mudah dibuat. Sedikit bahan, bisa dibuat dalam waktu cepat dan mudah dikombinasikan dengan makanan lain. Meskipun terlihat mudah, namun kalau tekniknya kurang tepat, maka scrambled egg yang ideal sulit diwujudkan. 

Menurut situs kuliner Food and Wine, scrambled egg yang ideal punya tekstur yang lembut, fluffy dan moist secara merata. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kesuksesan kamu membuat scrambled egg yang ideal. 

Yang paling sering dibahas misalnya kombinasi bahan dan tingkat kepanasan kompor. Padahal, ada faktor-faktor lain, yang meskipun terlihat remeh, namun tidak kalah penting. Jadi, apa saja rahasia scrambled egg yang lembut itu?

1.Pecahkan telur dalam mangkuk

Tidak disarankan memecahkan telur langsung ke dalam wajan, ya, Cookiners. Dengan memecahkan telur ke dalam mangkuk, kita bisa mengontrol kualitas tiap telur yang digunakan. Kedua, telur akan melalui proses pengadukan yang penting di dalam mangkuk sebelum masuk ke wajan.

2.Masukkan garam

Tambahkan sejumput garam ke dalam telur di dalam mangkuk (bisa disesuaikan dengan selera). Ini akan membuat rasa asin lebih tercampur di dalam telur. Selain itu, garam juga membuat telur bisa bertahan lembap lebih lama di dalam wajan saat dimasak.

3.Tambahkan Sedikit Susu

Fungsi cairan adalah menambahkan kelembapan pada telur saat dimasak sehingga tidak cepat kering. Selain susu, bisa juga menggunakan krim kental atau kaldu. Tidak perlu banyak-banyak, untuk 3 telur, misalnya, cukup tambahkan 1-2 sendok makan cairan.

Baca juga: Mau Telur Orak-Arik Fluffy? Simak Video Resep French Scrambled Egg Ini 

4.Aduk dengan Garpu

Pengadukan telur disarankan menggunakan garpu saja, ya, Cookiners. Aduk dengan gerakan elips (lingkaran oval) sampai putih dan kuning tercampur rata untuk menghindari serat putih telur di hasil akhir nantinya. Pengadukan juga untuk meratakan garam dan susu tadi.

Kalau ingin hasil akhir yang fluffy, tidak disarankan mengaduk dengan whisk atau pengaduk telur. Whisk, apalagi kalau digunakan dalam waktu lama hingga telur berbusa dan mengembang, bisa membuat tekstur telur pecah sehingga hasil akhirnya akan lebih creamy,  bukan fluffy.

5.Gunakan Wajan Antilengket

Wajan antilengket tentunya berfungsi agar telur tidak melekat di wajan, namun juga agar tidak perlu banyak menggunakan lemak seperti butter atau minyak. Cukup masukkan 1 cube kecil (sekitar 5-10 gram atau 1 sendok teh) butter bersama telur ke dalam wajan anti lengket.

6.Masak di Wajan Dingin

Ini dia yang menjadi salah satu rahasia penting scrambled egg yang fluffy. Masukkan telur dan butter tadi ke dalam wajan yang masih dingin, baru nyalakan kompornya dengan api kecil saja. Dengan cara ini, kamu bisa mengontrol tekstur telur dari mentah hingga menjadi lembut dan fluffy.

Memasak scrambled egg di wajan yang sudah panas akan membuat protein pada telur langsung matang di bagian luar namun masih dingin dan mentah di bagian dalam sehingga terbentuk kulit pada scrambled egg  yang tidak diinginkan. 

Baca juga: Scrambled Egg Kepiting ala Thai Ini Lezatnya Mengejutkan, Pas Buat Sarapan!

7.Masak dengan Api Kecil

Setelah telur masuk wajan, pastikan api tetap kecil agar telur matang perlahan. Aduk telur dengan cara didorong secara terus menerus, agar bagian yang sudah set tercampur dengan yang masih mentah. Dengan cara ini, telur tidak akan membentuk kulit dan menjadi cokelat. 

8.Matikan Api Ketika Telur Masih Basah

Matikan api kompor ketika telur sudah set tapi masih dalam kondisi basah. Panas yang masih ada di dalam wajan atau di telur itu sendiri akan melanjutkan proses memasak, biasa disebut metode ‘carry over cooking’ atau biasa kita sebut matang di darat. 

Kalau kamu suka tekstur scrambled egg yang basah, fluffy dan lembut, pindahkan langsung ke piring saji. Kalau lebih suka tekstur yang sedikit lebih kering, biarkan di wajan panas selama 1-2 menit lagi.

 

Itu dia 8 rahasia membuat scrambled egg yang fluffy dan lembut. Coba di rumah, ya, Cookiners. 

 

Sumber:

https://www.foodandwine.com/cooking-techniques/best-way-scrambled-eggs-tips

https://www.thekitchn.com/best-scrambled-egg-method-23003834