Air Lemon | SHUTTERSTOCK

5 Kesalahan Dalam Mengonsumsi Air Lemon Yang Mungkin Kamu Lakukan

author
Marti
Kamis, 29 November 2018 | 10:36 WIB

 

Minum segelas air lemon di pagi hari punya banyak manfaat untuk kesehatan. Tapi kalau caranya tidak tepat, bisa jadi manfaat lemon malah tidak maksimal. Ini dia 5 kesalahan dalam mengonsumsi air lemon yang mungkin kamu lakukan.

 

 1. Irisan Lemon Dalam Segelas Air

Air lemon bukan sekadar memasukkan irisan lemon ke dalam segelas air putih seperti yang banyak terlihat di restoran. Jeruk lemon harus diperas untuk mengeluarkan sarinya. Barulah perasan dicampur dengan air putih. Satu lemon ukuran kecil atau 1/2 lemon ukuran besar cukup untuk 250 ml air.

Air Lemon | SHUTTERSTOCK

 

 2. Menambah Pemanis

Menambahkan pemanis ke dalam air lemon akan mengurangi manfaatnya. Biarkan saja lemon dengan rasa kecutnya yang khas. Kalau terganggu dengan rasa asamnya, minum perasan air lemon asli dalam sekali teguk dengan cepat lalu minum segelas air putih sesudahnya.

 

 3. Tertelan Biji

Kadang biji halus ikut tertelan atau termakan saat mengonsumsi lemon. Nah, hindari menelan atau mengunyah biji lemon. Meskipun tidak terlalu berbahaya, biji lemon bisa menimbulkan gangguan pencernaan pada usus.

 

4. Langsung Menggosok Gigi

Kandungan asam sitrat lemon bisa membuat gigi dan gusi nyeri, terutama untuk pemilik gigi sensitif. Dalam jangka panjang, enamel gigi pun akan cepat terkikis.

 

Sebaiknya, setelah meminum lemon, langsung minum air putih untuk ‘membilasnya’. Bisa juga meminum air lemon dengan sedotan untuk meminimalisir kontak dengan gigi.

 

Setelah minum air lemon, tunggu 60-90 menit sebelum menggosok gigi. Asam sitrat membuat lapisan enamel gigi melemah sehingga kalau langsung disikat akan membuatnya terkikis. Basahi gigi dengan air sebelum menyikat gigi.

 

5. Air Lemon Dalam Air Es

Banyak orang suka air perasan lemon dalam air es. Sesungguhnya, ini tidak terlalu dianjurkan, khususnya untuk konsumsi pagi hari sesudah bangun tidur. Rasa dingin dan asam sekaligus akan membuat sistem pencernaan kaget. Campurkan air lemon dengan air hangat, air suhu ruang, atau air sejuk saja.

 

Yuk, dapatkan manfaat lemon secara maksimal dengan menghindari kesalahan di atas!

 

 Baca juga:

Redakan Sembelit dan 8 Manfaat Ajaib Lemon Lain

7 Bahan Makanan Praktis Untuk Cegah lapar