Potongan Sayuran | SHUTTERSTOCK

Wajib Tahu, Ini 7 Bentuk Potongan Sayur Untuk Masakan Yang Berbeda-Beda

author
Ratih Sukma Pertiwi
Minggu, 2 Desember 2018 | 12:22 WIB

 

Bentuk potongan sayur yang ada pada masakan ternyata bukan asal potong. Selain disesuaikan dengan jenis masakan, tidak luput juga dari alasan keindahan. Wajib tahu, ini 7 bentuk potongan sayur untuk masakan yang berbeda-beda.

 

 1. Julienne

Julienne Cut | LOWFATLOWCARB.COM

Biasa juga disebut sebagai bentuk korek api, potongan ini berukuran 3 mm x 3 mm x 5 cm. Biasa diterapkan pada wortel, paprika, kentang, lobak dan seledri. Untuk menu yang dimasak, potongan ini memungkinkan sayuran bisa matang dengan cepat dan merata dan bumbu meresap. Pada menu mentah, potongan julienne bisa jadi garnish salad karena potongannya yang ramping.

 

 2. Macedoine/Dice

Macedoine Cut | YOUTUBE.COM

Bentuk kotak alias dadu yang sering dipakai untuk memotong sayuran yang akan dipakai dalam sup, untuk membuat kaldu atau untuk buah yang akan dimasukkan ke dalam salad. Ukuran macedoine yang standar adalah 6 mm x 6 mm x 6 mm.

 

 3. Batonnet

Batonnet Cut | LITTLEGREENDOT.COM

Bisa disebut versi lebih besar dari julienne, dengan ukuran potongan 6 mm x 6 mm x 5-6 cm. Batonnet biasa dipakai untuk sayuran yang akan dimasak sebagai teman steak, seperti wortel dan kentang.

 

 4. Brunoise

Brunoise Cut | PINTEREST

Nah, kalau ini versi lebih halus dari macedoine. Brunoise berangkat dari potongan julienne yang kemudian dipotong-potong kotak, tepatnya  3 mm x 3 mm x 3 mm. Brunoise cocok digunakan untuk memotong sayuran yang akan dijadikan isian seperti risol, pastel atau kroket.

 

 5. Slice

Slice Cut | SERIOUSEATS.COM

Ini adalah bentuk irisan tipis yang bisa dibentuk bulat atau kotak. Ketebalannya variatif, bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan selera. Bentuk slice biasa digunakan untuk sayuran yang akan dimasukkan ke dalam sandwich atau yang dimasak bersama daging panggang.

 

 6. Chopped

Chop Cut | PINTEREST

Potongan ekstra kecil yang biasa juga disebut bentuk cincangan. Digunakan untuk memotong bumbu yang akan ditumis (seperti bawang) atau dedaunan aromatik (seperti peterseli, basil atau rosemary).

 

 7. Shred

Shred Cut | FIFTEENSPATULAS.COM

Pernah makan rujak serut? Nah, potongan buah atau sayur dalam rujak serut memakai bentuk shred alias serutan atau parutan yang tipis dan panjang. Bentuknya yag cantik dalam salad bisa menggugah selera yang melihatnya. Dibutuhkan alat serutan khusus untuk membuat bentuk shred.

 

Yuk, coba semua bentuk sayuran ini!

 

Baca juga:

5 Cara Gampang Melipat Pangsit

Trik Menggoreng Ala Deep Fry Agar Crunchy Maksimal