5 Pie Favorit | SHUTTERSTOCK

Ini Dia 5 Jenis Pie Favorit, Kamu Suka Yang Mana?

author
Marti
Rabu, 23 Januari 2019 | 11:20 WIB

 

Berasal dari Yunani dan Romawi, pie termasuk camilan yang lantas populer di Amerika Serikat. Kita di Indonesia pun juga banyak yang jatuh cinta dengan pie. Nah, orang Amerika punya daftar pie favorit. Ini dia 5 jenis pie paling favorit, kamu suka yang mana? Ada resep mudahnya kalau kamu mau langsung buat.

 

1. Coconut Cream Pie

Coconut Cream Pie | SHUTTERSTOCK

Buat yang di Indonesia, pasti masih agak asing dengan pie satu ini. Tapi sebenarnya gampang dibuat mengingat bahannya adalah santan kelapa yang berlimpah di sini. Ini adalah jenis pie yang setelah isiannya dituang di atas kulit pie matang siap pakai, cukup didinginkan di lemari es.

 

Ini cara mudah membuat coconut cream pie:

- Campur 240 ml santan, 120 ml susu dan 120 ml krim susu. Masukkan kuning telur. Aduk rata.

- Panaskan 100 gram gula pasir dan 2 1/2 sdm maizena di atas kompor. Masukkan campuran santan, susu, krim dan telur tadi. Aduk hingga mendidih.

- Angkat panci dari api. Masukkan 1 sdm mentega, 3 sdm serutan kelapa muda, 1 sdt vanila bubuk dan 1/8 sdt garam. Aduk rata. Tuang di atas kulit pie siap pakai. Dinginkan.

 

2. Strawberry Pie

Strawberry Pie | SHUTTERSTOCK

Termasuk dalam jenis pie buah segar, ini juga jenis isian pie untuk kulit pie matang siap pakai. Tapi agak berbeda dari pie krim kelapa di atas, buah stroberi yang sudah dipotong ditata dulu di atas kulit pie, barulah dituang adonan cair. Dinginkan di lemari es agar set.

 

Cara mudah membuat strawberry pie:

- Panaskan 150 gram gula pasir dan 2 sdm maizena dalam panci. Masukkan 240 ml air mendidih, aduk hingga kental.

- Angkat panci dari api. Masukkan 1 sdt ekstrak vanila, 1 sdm air perasan lemon, dan 6 sdt gelatin bubuk. Dinginkan. Tuang di atas stroberi yang sudah ditata dalam kulit pie siap pakai. Dinginkan.

 

3. Blueberry Pie

Blueberry Pie | SHUTTERSTOCK

Meskipun sama-sama pie buah, tapi blueberry pie ini beda dari strawberry pie. Buah blueberry dicampur bersama gula dan bahan lain. Baru kemudian dituang ke atas kulit pie mentah yang kemudian dioven bersama. Ini memungkinkan blueberry ‘matang’ dan membuat cita rasanya makin mantap.

 

Resep sederhana blueberry pie:

- Campur 300 gram blueberry, 1 sdm air perasan lemon dan 1/2 sdt ekstrak vanila. Aduk rata.

- Campur 50 gram gula pasir, 2 sdm tapioka, 1/8 sdt bubuk kayumanis dan 1/8 sdt garam.

- Masukkan campuran gula ke dalam campuran blueberry. Aduk rata. Tuang ke atas kulit pie mentah dalam cetakan. Oven hingga matang.

 

4. Pumpkin Pie

Pumpkin Pie | SHUTTERSTOCK

Pumpkin dikenal sebagai makanan yang berlimpah saat musim gugur di dunia barat. Karena cuaca mulai dingin, maka cocok ditambahkan rempah yang menghangatkan. Cocok juga kita santap saat musim hujan di sini. Sistem memasaknya sama dengan blueberry pie, yaitu isian dituang ke atas kulit pie mentah lalu dioven bersama.

 

Ini cara membuat pumpkin pie yang enggak merepotkan:

- Kocok 2 telur utuh dan 1 kuning telur, masukkan 150 gram brown sugar, ½ sdt garam, 2 sdt kayumanis, 1 sdt jahe, 1/4 sdt pala, 1/4 sdt cengkeh dan 1/8 sdt kapulaga dan 1/2 sdt parutan kulit lemon. Aduk rata.

- Masukkan 450 gram pumpkin puree dan 360 ml krim susu. Aduk rata. Tuang ke atau kulit pie mentah dalam cetakan. Oven sampai matang.

 

5. Apple Pie

Apple Pie | SHUTTERSTOCK

Bisa dibilang salah satu favorit di negara kita. Apple pie juga jenis pie yang dimasak bersama kulit pie mentah hingga matang. Gunakan apel hijau (apel malang atau granny smith) yang punya cita rasa segar.

 

Ini resep gampang bikin apple pie:

- Potong 3 buah apel hijau menjadi kotak-kotak kecil.

- Campur dengan 50 gram gula pasir, 1 1/2 sdm tepung terigu, 2 sdt air perasan lemon, 1/2 sendok teh parutan kulit lemon, 1/3 sdt bubuk rempah (kayumanis, jahe, pala dan cengkeh) dan sejumput garam. Aduk rata.

- Tuang ke atas kulit pie mentah dalam cetakan. Berikan 1 sendok makan mentega menyebar. Tutup dengan adonan kulit pie lain. Lubangi tengahnya. Diamkan 30 dalam lemari es. Oles krim susu. Oven sampai matang.

 

Oh iya, untuk resep dasar kulit pie, kamu bisa buat dari resep berikut.

 

Kulit Pie | SHUTTERSTOCK

 

Resep Dasar Kulit Pie:

- Campur 320 gram tepung terigu, 1 sdt garam dan 1 sdt gula pasir. Aduk rata.

- Potong-potong kubus kecil 226 gram mentega tawar beku lalu masukkan campuran tepung terigu tadi. Aduk dengan pastry blender.

- Masukkan 4 sdm air es, aduk hingga adonan bisa dipulung. Kalau masih bubar, tambahkan satu sdm air es lagi. Seterusnya sampai adonan bisa dipulung. Bulatkan adonan lalu simpan di lemari es selama satu jam.

- Bagi dua adonan. Giling satu bagian adonan hingga melebar dengan ketebalan 1/2 cm dan diameter 35 cm. Letakkan di atas cetakan pie berdiameter 22,5 cm. Ratakan pinggirnya. Siap dituang isian pie atau dioven tersendiri.

 

Siap mencoba bikin pie favorit kamu?

 

Baca juga:

Sejak Kapan Manusia Suka Pedas?

16 Januari Hari Makanan Pedas Sedunia | NOENG/COOKIN.ID

Ronde, Simbol Perekat Keluarga Di Akhir Tahun

Ronde | ROMY PALAR/COOKIN.ID

Ini 5 Jenis Sup Buntut Di Dunia Yang Perlu Kamu Tahu

Sop Buntut Khas Indonesia | SHUTTERSOCK