Tidak Bisa atau Belum Bisa Memasak? | SHUTTERSTOCK

Terpaksa Memasak

author
Semy
Selasa, 12 Februari 2019 | 14:28 WIB


Tidak bisa memasak adalah alasan utama orang tidak berani beranjak ke dapur dan mencoba mengolah makanan. Saya punya kakak yang seperti itu. Kalau diminta bekerja di lab, oke banget. Hebat. Coba disuruh mengolah makanan, fatal akibatnya.

Keyakinan tidak bisa memasak bisa timbul dari kecil. Misalnya, seorang teman saya bungsu dari banyak kakak. Dulu waktu kecil sudah tertarik memasak, tetapi setiap ke dapur mau bantu-bantu, dilarang karena sudah diberi predikat tidak bisa memasak.

Atau ada teman lagi yang dilarang membantu ibunya karena jadi menghambat. Memasak jadi lama, dan karena belum bisa efisien, jadi berantakan.

Siapa Yang Pernah Trauma Di Dapur? | SHUTTERSTOCK

 

Saya termasuk orang yang percaya bahwa semua orang bisa memasak dan menghasilkan masakan yang enak. Kan, seperti saya sebutkan modalnya resep dari cookin.id dan sejumput cinta.

Nah, contoh paling konkret adalah kakak saya. Sebagai ilmuwan peneliti, pendapatannya tidak besar. Karena itu ketika baru bekerja, ia harus mencari tambahan. Tetapi karena sibuk, kadang harus memperdalam ilmu tertentu di luar negeri, ia tak bisa bekerja di dua tempat, misalnya.

Lalu ia coba-coba membuat kue kering di Hari Raya. Tentu tidak serta-merta jadi enak. Almarhumah ibu saya yang mengkritisi sampai hasilnya jadi enak benar. Mulailah dijajakan ke mana-mana.

Wah, senangnya ketika dapat 10 stoples lalu meningkat jadi 25, 50, dan sekarang ribuan. Setelah bisa membuat puluhan jenis kue kering, ia mencoba memasak. Hasilnya juga enak, kok.

Siapa Bilang Kamu Nggak Bisa Bikin Kukis Valentine Cantik Ini? | SHUTTERSTOCK

Terpaksa memasak, akhirnya jadi bisa. Banyak orang yang karena terpaksa, keahliannya yang tersembunyi mencuat keluar. Saya kenal seorang ibu yang baru belajar memasak setelah sang suami pensiun. Tujuannya menutupi pengeluaran yang biasanya didapat dari sang suami.

Ternyata dalam waktu tak terlalu lama, ia berhasil menjadi pengusaha tumpeng dan jajan pasar sampai masuk ke Istana. Lihat? Memasak bisa mendatangkan penghasilan juga. Sekali lagi tidak instan. Tergantung banyak hal. Salah satunya relasi dan kemampuan memasarkan.

Nah, kalau ada dua contoh yang memasak karena keterpaksaan, lantas kamu juga mau nunggu situasi memaksa? Jangan, dong. Bagaimana kalau memaksa diri saja. Paling sulit memulai sesuatu adalah mengatasi rasa malas. Kalau itu sudah bisa dilalui, pastilah lancar jaya. Nah, mari mulai memasak.

 

Baca juga:

Belajar Banyak Dari Sepotong Rendang

Aneka Rempah Menciptakan Rendang Yang Ajaib. | SHUTTERSTOCK

Bijaklah Dengan Sampah Plastik

Kantong Belanja Bisa Mengurangi Sebagian Masalah Sampah Plastik | SHUTTERSTOCK

Tandaskan Piringmu! Kalau Tidak…

Piring Makan Tidak Habis Pun Sering Jadi Obyek Selfie. | SHUTTERSTOCK