Nutrisi Tomat Sesudah Dimasak Lebih Baik Dibanding Mentah | SHUTTERSTOCK

Ternyata Nutrisi Tomat Lebih Tinggi Kalau Dimasak

author
Marti
Senin, 7 Oktober 2019 | 17:11 WIB

 

Kamu penggemar jus buah? Pasti nggak melewatkan buah tomat yang bikin jus seketika jadi segar. Tapi tahukah kamu kalau nutrisi tomat lebih tinggi kalau dimasak dibanding mentah?

 

Banyak orang yang bilang kalau sejumlah sayuran dan buah lebih sehat kalau dikonsumsi dalam keadaan mentah karena nutrisinya masih belum rusak. Pernyataan itu bisa benar-bisa juga salah, tergantung sayur dan buah apa yang sedang dibahas.

 

Khusus untuk tomat, ternyata punya nutrisi yang lebih tinggi ketika dimasak dibanding mentah. Memang, setelah proses memasak ada kadar vitamin yang hilang, tapi nutrisi lain yang didapat dinilai jauh lebih penting dari yang hilang tadi. Itulah kenapa nutrisi tomat yang dimasak bisa dibilang ‘lebih tinggi’ dibanding yang mentah.

 

Antioksidan Dalam Tomat

 

Tomat termasuk sayuran dengan kadar pigmen merah yang banyak mengandung lycopene. Lycopene ini adalah salah satu antioksidan yang bisa mengurangi risiko serangan jantung dan penyakit kanker.

 

Menurut riset yang dilakukan di Cornell University New York yang dimuat di Journal of Agriculture and Food Chemistry tahun 2002, kadar cis lycopene tomat justru naik sebanyak 35% setelah dimasak selama 30 menit di suhu 88 derajat Celsius.

 

Panas dari proses memasak ini membantu menghancurkan dinding sel tomat yang tebal sehingga lebih mudah diserap nutrisinya oleh tubuh.

 

Vitamin C Turun

 

Memang sih, setelah dimasak dengan cara di atas, kadar vitamin C tomat turun sebanyak 29% (sebabnya, vitamin C mudah teroksidasi). Tapi, ini adalah ‘barter’ yang dianggap layak karena kita bisa dapatkan vitamin C di banyak sumber lain, sementara sumber lycopene sangat terbatas.

 

Vitamin C dalam tomat mentah bisa didapat dari banyak sumber lain. | SHUTTERSTOCK

 

Intinya, menyantap tomat mentah atau pun yang sudah dimasak tetap punya nutrisi masing-masing. Tinggal pilih apa yang menjadi prioritas kesehatan kamu. Dan yang nggak kalah penting, pilih yang mana yang terasa lebih enak di lidah kamu. Kalau rasanya enak, kita pasti akan lebih suka dan sering menyantapnya. Ini jauh lebih baik dari tidak makan sayur dan sayur sama sekali.

 

Baca juga:

Peach Gum Bisa Bikin Kulit Lebih Muda dan 5 Fakta Lainnya

Peach Gum Punya Banyak Manfaat | SHUTTERSTOCK

Ini Jenis-Jenis Kerupuk Dilihat Dari Bahan Dasarnya

Aneka Jenis Kerupuk Bikin Makan Makin Seru | ROMY PALAR/COOKIN.ID

Dengan 7 Trik Ini, Kamu Nggak Akan Lagi Buang-Buang Makanan

Menu Yang Terencana Bisa Mengurangi Risiko Makanan Terbuang | SHUTTERSTOCK