Menu Yang Terencana Bisa Mengurangi Risiko Makanan Terbuang | SHUTTERSTOCK

Dengan 7 Trik Ini, Kamu Nggak Akan Lagi Buang-Buang Makanan

author
Marti
Rabu, 2 Oktober 2019 | 16:19 WIB

 

Sering nggak berdaya saat menghadapi sisa makan di meja makan atau di kulkas? Sebenarnya, ini bisa dihindari, lho. Praktikkan 7 cara berikut supaya kamu bisa mengurangi makanan terbuang di rumah.

 

 

1. Bikin Rencana Menu

Setiap mau memasak, biasanya untuk membuat rencana menu yang akan dibuat. Dari sini, akan terlihat bahan-bahan makanan apa saja yang kamu butuhkan sekaligus jumlahnya.

 

 

2. Belanja Sesuai Daftar

Saatnya belanja, gunakan daftar yang sudah kamu buat di point nomor 1 tadi. Memang, godaan membeli aneka bahan makanan di pasar atau supermarket sangat besar. Tapi sebaiknya, tetap berpegang pada daftar belanjaan kamu tadi. Soalnya, pembelian impulsif biasanya berujung ke bahan makanan tidak akan terpakai dan akhirnya terbuang.

Jangan Meleset Dari Daftar Yang Sudah Dibuat | SHUTTERSTOCK

 

Baca juga: Manusia Di Dunia Sering Buang-Buang Makanan, Ini Datanya

 

3. Jangan Menyetok Bahan Yang Cepat Rusak

Membeli makanan dalam jumlah besar biasa dilakukan untuk menghemat biaya. Tapi sebaiknya pilih dengan seksama. Karena pembelian terlalu banyak berisiko bahan makanan akan rusak sebelum habis. Juga jangan setok bahan yang cepat rusak atau kadaluarsa dengan cepat.

Susu segar adalah salah satu makanan yang tidak tahan lama. | SHUTTERSTOCK

 

4. Simpan Dengan Suhu Yang Tepat

Tiap jenis makanan punya cara simpan tersendiri. Ada yang di suhu ruang, ada yang di ruang tertutup dan kering, ada juga yang harus masuk kulkas atau freezer. Penyimpanan dengan suhu yang kurang tepat akan ‘memperpendek’ usia bahan makanan sehingga cepat rusak/kadaluarsa.

 

Baca juga: Disimpan Dengan Cara Ini, Bawang Nggak Akan Cepat Busuk, Kering atau Tumbuh Tunas

 

5. Atur Penempatan Di Kulkas

Sebagai tempat menyimpan bahan makanan, baik mentah atau matang, kulkas sering terlihat penuh. Nah, risikonya, makanan tertentu pun jadi tertimbun di belakang atau tidak terlihat mata.

Ini membuat kita jadi nggak sadar ada sayur yang sudah seharusnya dimasak jadi layu, menguning atau malah membusuk. Bisa juga makanan melewati masa kadaluarsa sehingga harus dibuang.

Kondisi freezer seperti ini bikin kamu nggak bisa tauh persis mana yang harus diolah duluana | SHUTTERSTOCK

 

6. Masak Secukupnya

Saat ingin memasak, ada kekhawatiran apakah jumlah makanan yang kita masak akan cukup untuk jumlah orang di rumah. Akibatnya, kita jadi melebih-lebihkan porsinya. Padahal, dengan mengukur porsi makanan secukupnya, kita akan mengurangi risiko sisa makanan nantinya.

 

Baca juga:Suka Buang-Buang Makanan? Ini Efek Buruknya Buat Lingkungan

 

 

7. Olah Makanan Sisa

Ada beberapa sisa makanan yang bisa ‘diolah’ lagi untuk menjadi makanan lain. Sisa saus bolognaise untuk pasta, misalnya, bisa jadi campuran untuk bikin nasi goreng esok paginya. Masih banyak ide kreatif lain dalam mengolah sisa makanan yang bisa kamu eksplor.

 

Simak juga:

 

Jangan Simpan Telur Di Pintu Kulkas, Ini Alasannya!

Jangan Simpan Telur Di Pintu Kulkas | NOENG/COOKIN.ID
 

Buah dan Sayuran Tersimpan Aman di Kulkas? Belum Tentu!

Menyimpan Buah dan Sayuran 1 rev | ALITA/COOKIN.ID

Jangan Pernah Simpan 7 Jenis Makanan Ini di Freezer

Susu | SHUTTERSTOCK