Avokad bisa bikin perut kenyang lebih lama. | SHUTTERSTOCK

Kenapa Avokad Bikin Perut Kita Kenyang Lebih Lama?

author
Marti
Selasa, 8 Oktober 2019 | 17:02 WIB

 

Avokad disebut sebagai salah satu superfood karena kandungan nutrisinya. Tapi buah ini juga bikin kita kenyang lebih lama sehingga mengurangi ngemil nggak penting. Simak faktanya!

 

Didominasi Lemak dan Serat

Dari sajian 100 gram avokad, kandungan nutrisi yang terbesar adalah lemak sebanyak 15 gram yang memenuhi 23% kebutuhan lemak harian.

 

Sebagian besar lemak ini adalah lemak tak jenuh tunggal berupa asam oleic. Seperti kita tahu, asam oleic adalah salah satu unsur yang bisa mencegah terjadinya peradangan dalam tubuh dan juga mencegah berkembang sel kanker yang sifatnya genetis.

 

Avokad Makin Sehat Saat Dimasukkan Ke Dalam Salad | SHUTTERSTOCK

 

Sementara itu, serat menempati posisi kedua di bawah lemak sebagai nutrisi utama avokad dengan jumlah 7 gram. Ini saja sudah mencukupi 28% kebutuhan harian serat tubuh.


Selain itu, masih ada potasium dan aneka vitamin yang menjadi nilai tambah avokad.

 

 

 

Serat & Lemak Bikin Kenyang Lebih Lama

Nah, di saat yang sama, baik lemak dan serat adalah dua unsur yang butuh waktu cerna lebih lama di dalam tubuh, dibanding unsur yang lain. Proses cerna yang lama ini membuat penyerapan gula oleh tubuh juga lambat.

 

Akibatnya, kadar gula darah dalam tubuh juga cenderung stabil. Kita pun jadi merasa kenyang lebih lama. Saat perut terasa penuh, sudah bisa dipastikan kita nggak akan tergoda untuk makan dengan sering atau ngemil yang nggak karuan.

 

Hindari Tambahan Gula Saat Menyantap Avokad. | SHUTTERSTOCK
 

 

Tentunya, untuk bisa mendapatkan manfaat maksimal dari avokad, kita juga harus tepat mengonsumsinya. Hindari menambahkan unsur yang mengandung gula. Selain dibuat jus, avokad juga enak dimasukkan ke dalam salad, lho!

 

Yuk, mulai menikmati sehatnya avokad!

 

Baca juga:

Dengan 7 Trik Ini, Kamu Nggak Akan Lagi Buang-Buang Makanan

Menu Yang Terencana Bisa Mengurangi Risiko Makanan Terbuang | SHUTTERSTOCK

Ternyata Nutrisi Tomat Lebih Tinggi Kalau Dimasak

Nutrisi Tomat Sesudah Dimasak Lebih Baik Dibanding Mentah | SHUTTERSTOCK

Peach Gum Bisa Bikin Kulit Lebih Muda dan 5 Fakta Lainnya

Peach Gum Punya Banyak Manfaat | SHUTTERSTOCK