Labu Oranye Nggak Bisa Dilepaskan dari Halloween Di Amerika. | SHUTTERSTOCK

4 Fakta Yang Perlu Kamu Tahu Di Balik Labu Halloween

author
Marti
Kamis, 31 Oktober 2019 | 15:30 WIB

 

Labu jenis apakah yang digunakan untuk dekorasi khas Halloween Di Amerika? Apakah sama dengan labu untuk dimakan? Kenapa ukurannya bisa mencapai raksasa? Ini fakta di balik labu raksasa Halloween.

 

Halloween di Amerika nggak bisa dilepaskan dari labu oranye berbagai ukuran yang diukir jadi lampu pengusir setan alias Jack O’Lantern. Sudahkah kamu tahu fakta menarik seputar labu Halloween ini?

 

Kenapa Labu Yang Jadi Dekorasi Utama Halloween Di Amrik?

Di negeri asal tradisi Halloween, yaitu Irlandia, biasa digunakan turnip alias lobak putih untuk membuat lampu Jack O’ Lantern. Tapi saat para imigran Irlandia sampai ke Amerika,  labu ternyata lebih gampang ditemukan dibanding lobak. Jadilah labu yang banyak dijadikan dekor lampu Jack O’Lantern di Amrik.

 

Labu berbagai ukuran jadi hasil tani utama di Amerika bagian utara. | SHUTTERSTOCK

 

Warna oranye (dan putih juga) serta bentuk labu yang bisa jadi besar dan cantik mengundang orang di banyak belahan dunia lainnya untuk menggunakan labu sebagai dekor Halloween juga, meskipun nggak sebesar ukuran yang di Amerika. Di Indonesia, misalnya, cuma labu ukuran kecil yang biasa kita lihat di supermarket.

 

Pakai Labu Jenis Apa Untuk Dekor Halloween?

Ada banyak varian labu. Labu yang diukir untuk Halloween biasanya varietas Jack O’Lantern atau white Lumina. Labu harus yang sudah dalam kondisi matang dengan dinding tipis supaya gampang diukir dan memancarkan cahaya nantinya. Pastikan kondisinya masih segar dan tidak ada cacat supaya nggak mudah busuk sepanjang proses diukir dan masa dipajang sebagai dekorasi.

Labu berdinding tipis lebih gampang untuk diukir. | SHUTTERSTOCK

 

Seperti Apa Rasanya Labu Halloween?

Labu Halloween ukuran besar biasanya sengaja ditanam untuk diukir saja. Biasanya, labu ini sengaja ditanam untuk dipanen dalam waktu cepat hingga banyak pakai zat penyubur. Kandungan air di dagingnya sangat tinggi sementara kadar gula sangat rendah sehingga rasanya hambar. Dagingnya juga tipis dan berserat.

Labu berukuran besar biasanya banyak air dan hambar. | SHUTTERSTOCK

 

Tapi bukan berarti labu raksasa ini nggak bisa dimakan. Daging labu, meskipun tipis, bisa dikerok sebelum diukir. Menu yang bisa dimasak dari kerukan labu ini setelah dibuat puree adalah sup, muffin dan cake.

 

Apa Beda Labu Halloween Dari Labu Yang Biasa Dimakan?

Labu yang biasa dimakan menjalani proses tanam yang normal sehingga kandungan air dan gulanya normal. Meskipun ukurannya lebih kecil, tapi dagingnya tebal dan rasanya manis. Teksturnya juga empuk.

 

Labu yang bisa dimakan lebih tebal dagingnya dan lebih punya rasa. | SHUTTERSTOCK

 

Ada banyak jenis labu yang bisa dipilih sesuai dengan makanan yang akan dibuat, seperti pumpkin bread, sup, pie, muffin, dan kaserol. Melihat labu di supermarket? Yuk beli dan olah di rumah!

 

Simak juga:

Asli China, Kenapa Hainan Chicken Rice Jadi Makanan Nasional Singapura?

Irisan ayam superlembut jadi ciri khas nasi ayam Hainan. | SHUTTERSTOCK

Supaya Nggak Dehidrasi Saat Cuaca Ekstra Panas, Ini Yang Harus dan Tidak Boleh Kamu Minum

Air Kelapa Nggak Cuma Menghidrasi Tubuh Tapi Juga Bernutrisi | SHUTTERSTOCK

Roti Gambang, Si ‘Ganjel' Kereta Yang Masuk 50 Roti Terbaik Di Dunia

Roti Gambang Si Roti Jadul Yang Unik. | SHUTTERSTOCK