Tomat, dari dulu dianggap krisis identitas antara buah atau sayuran. | SHUTTERSTOCK

Masih Bingung Tomat Itu Buah Atau Sayur? Ini Jawaban Cerdiknya!

author
Marti
Rabu, 6 November 2019 | 15:19 WIB

 

Tomat sering dimasukkan ke dalam kategori sayuran. Padahal, ada yang bilang kalau tomat itu buah. Yang benar yang mana, sih? Buat kamu yang masih bingung tomat itu buah atau sayur, ini jawabannya.

Sejujurnya, untuk menjawab pertanyaan ini dibutuhkan dua kacamata. Pertama, dari kacamata kuliner alias dunia masak-memasak yang memasukkan tomat sebagai sayuran.  Kacamata yang kedua adalah kacamata sains yang memasukkan tomat ke dalam kategori buah.

 

Disebut Sayuran Karena Rasanya Yang Relatif Tawar

Di dunia kuliner, pembagian kategori antara buah dan sayur didasarkan pada rasa, tekstur serta penggunaannya dalam resep makanan.

Buah punya tekstur yang lembut dan rasa yang cenderung manis atau asam. Cocok untuk dibuat sajian yang manis. Sementara sayur punya tekstur lebih keras dan rasa yang tawar atau malah pahit, cocok dibuat sajian yang gurih/asin.

 

Tomat jadi bahan utama saus tomat atau pasta tomat untuk aneka masakan. | SHUTTERSTOCK

 

Nah, di sini jelas tomat masuk ke kategori sayur. Meskipun bagian dalamnya lembut, tapi rasanya cenderung tawar. Selain jus, tomat jarang dipakai untuk sajian yang manis. Tomat justru banyak dipakai untuk makanan yang gurih seperti salad, tumisan atau juga dijadikan saus untuk pasta atau saus cocolan.

 

Kasus Historis Tahun 1893

Kacamata kuliner inilah yang jadi bahan pertimbangan ketika tahun 1893 ada kasus hukum menyangkut impor tomat di Amerika Serikat. Seorang importer tomat memohon pengadilan mengubah kategori tomat dari sayur ke buah untuk menghindari pajak sayur yang lebih tinggi.

Pengadilan pun memutuskan tomat masuk kategori sayuran didasarkan pada kacamata kuliner di atas. Meskipun secara teknis adalah buah, tomat adalah sayuran berdasarkan pertimbangan pengaplikasiannya pada resep. Sejak itu, toma memang jadi lebih umum dianggap sebagai sayuran.

 

Disebut Buah Karena Muncul Dari Bunga

Di kacamata sains, tepatnya dunia botani, perbedaan buah dan sayuran dilihat dari struktur pada tanaman serta fungsinya.

Buah dihasilkan dari bunga, punya biji yang akan berperan dalam proses regenerasi tanaman itu selanjutnya. Sementara sayuran adalah bagian lain tanaman selain buah, yaitu akar, batang, atau bagian lainnya. Jelas, kan kalau di sini tomat masuk kategori buah. 

Struktur tanaman tomat, tomat ada di posisi buah. | SHUTTERSTOCK

 

Tapi tomat nggak sendirian, kok, mengalami ‘krisis identitas ini’. Buah-buahan lain yang juga lazim dianggap sebagai sayuran yaitu mentimun, labu, cabai, paprika, terong dan okra. Di tiap daerah/negara, mungkin daftar ini bisa bertambah sesuai dengan produksi khas masing-masing.

 

Terong, salah satu buah yang juga sering disebut sayuran. | SHUTTERSTOCK

 

Jadi, tomat itu buah atau sayuan? Dua-duanya betul, kok!

 

Simak juga:

Bukan Cuma Kafein, 5 Makanan Ini Bisa Bikin Kamu Susah Tidur

Gangguan tidur bisa dipicu dari makanan yang disantap sebelum tidur. | SHUTTERSTOCK

4 Aturan Dasar Bikin Sandwich Buat Pemula, Bisa Langsung Praktik Buat Bekal Besok

Sandwich, menu praktis, yang perlu sedikit aturan dasar untuk membuatnya. | SHUTTERSTOCK

4 Fakta Yang Perlu Kamu Tahu Di Balik Labu Halloween

Labu Oranye Nggak Bisa Dilepaskan dari Halloween Di Amerika. | SHUTTERSTOCK