Gangguan tidur bisa dipicu dari makanan yang disantap sebelum tidur. | SHUTTERSTOCK

Bukan Cuma Kafein, 5 Makanan Ini Bisa Bikin Kamu Susah Tidur

author
Marti
Selasa, 5 November 2019 | 17:06 WIB

 

Merasa tidur kamu belum berkualitas? Jangan-jangan kamu terbiasa mengonsumsi makanan dan atau minuman ini sebelum waktu tidur.

 

Ada makanan-makanan yang bisa bikin kamu susah tidur, lho! Pada dasarnya, secara umum makanan ini jadi nutrisi normal untuk tubuh. Cuma kalau dikonsumsi dekat dengan waktu tidur, justru malah bisa kontra produktif. Simak, yuk, apa aja makanan yang bikin kamu susah tidur ini!

 

1. Makanan/Minuman Yang Mengandung Kafein

Kalau ini sepertinya semua orang sudah tahu. Makanan atau minuman yang mengandung kafein membantu kita untuk tetap terjaga. Selain kopi dan teh, minuman berkafein termasuk minuman bersoda dan minuman energi. Makanan yang mengandung dark chocolate juga termasuk yang punya kandungan kafein tinggi.

 

2. Makanan Pedas

Makanan pedas bisa menyebabkan gangguan pencernaan yang akan mengganggu saat kamu tidur. Gangguan itu bisa berupa heartburn yaitu perasaan seperti terbakar di perut. Saat tidur, posisi berbaring juga bisa memperparah kondisi heartburn ini karena zat asam naik ke tenggorokan. Ini biasa dikenal dengan istilah acid reflux, salah satu gejala yang sering dialami penderita GERD.

 

3. Alkohol

Banyak yang bilang alkohol bisa membuat orang lebih cepat mengantuk. Ini bisa jadi benar. Tapi kualitas tidur yang dihasilkan sesudah minum alkohol biasanya tidak baik alias tidak nyenyak. Alkohol juga mencegah orang masuk fase deep sleep, yaitu fase tidur terbaik.

Cocktail beralkohol bisa bikin tidur tidak nyenyak. | SHUTTERSTOCK

 

4. Makanan Berlemak

Makanan berlemak memicu dimulainya kerja perut dalam mencerna makanan sehingga produksi asam lambung naik. Saat berbaring, asam lambung ini juga bisa bikin acid reflux. Selain itu, makanan berlemak juga mengganggu produksi hormon orexin, salah satu sel saraf yang mengatur siklus tidur selain melatonin.

 

5. Makanan Dengan Kandungan Protein Tinggi

Protein termasuk jenis asupan yang butuh waktu relatif lama dicerna oleh sistem cerna kita. Saat proses cerna ini berjalan, tubuh nggak bisa istirahat dengan maksimal, karena energi masih fokus ke pencernaan. Jadi, tidur pun jadi banyak gangguan.

Protein sebaiknya jangan dimakan mendekati waktu tidur. | SHUTTERSTOCK

 

6. Buah-Buahan Berair

Biasanya, buah dan sayur dengan kadar air tinggi seperti semangka dan seledri punya sifat diuretic yaitu mempercepat proses keluarnya urin. Jadi, jangan heran kalau tengah malam kamu jadi mesti terbangun dan bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil.

 

Simak juga:

4 Aturan Dasar Bikin Sandwich Buat Pemula, Bisa Langsung Praktik Buat Bekal Besok

Sandwich, menu praktis, yang perlu sedikit aturan dasar untuk membuatnya. | SHUTTERSTOCK

Mau Bikin Yang Enak dari Labu Kuning? Ini 6 Ide Yang Bisa Kamu Coba

Labu Kuning Panggang | SHUTTERSTOCK

Asli China, Kenapa Hainan Chicken Rice Jadi Makanan Nasional Singapura?

Irisan ayam superlembut jadi ciri khas nasi ayam Hainan. | SHUTTERSTOCK