Granita, salah satu olahan semangka yang enak dimakan saat panas. | SHUTTERSTOCK

Bukan Jeruk atau Mangga, Ini Dia 5 Buah Paling Banyak Dikonsumsi Di Dunia

author
Marti
Jumat, 8 November 2019 | 17:00 WIB

 

Buah apa yang paling sering kamu makan? Jeruk? Apel? Pisang? Mangga? Apakah salah satu di antara buah kesukaan kamu ada di daftar buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia? Simak daftarnya, dimulai dari urutan 5.

 

 

5. Grapefruit

Grapefruit , masih masuk keluarga besar citrus. | SHUTTERSTOCK

 

Dilihat dari penampakannya, kita yang di Indonesia mungkin masih sedikit asing. Soalnya, grapefruit ini khas daerah subtropis.

Yang paling mendekati bentuknya mungkin adalah pomelo atau sering dikenal sebagai jeruk bali (meskipun bukan berasal dari Bali). Tapi, meskipun masih satu keluarga citrus, grapefruit beda dari pomelo, lho!

Grapefruit adalah jenis jeruk hibrid alami antara jeruk dan pomelo yang ditemukan di Barbados pada awal abad 18. Dinamakan grapefruit karena saat masih di pohon buah ini tumbuh bergerombol seperti anggur (grape).

Penampakan grapefruit yang menggerombol seperti anggur. | SHUTTERSTOCK

Kulitnya kuning atau oranye seperti jeruk kebanyakan namun warna dagingnya pink kemerahan dengan rasa manis keasam-asaman. Kandungan vitamin C-nya tinggi. Tiga negara produser terbesarnya adalah China, Amerika Serikat dan Meksiko.

 

4. Apel

Apel ada di urutan ke-4 buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Selain dimakan sebagai buah, apel juga dibuat jadi jus buah, saus apel dan cuka apel. Kandungan nutrisinya beragam, dari vitamin C, fiber, karbohidrat sampai potasium. Apel juga punya kandungan antioksidan yang lumayan tinggi.

Sebagian dari banyak jenis apel yang tersebar di dunia. | SHUTTERSTOCK

Meskipun biasa ditemui di hampir semua belahan dunia, apel tidak tumbuh di sembarang tempat. Empat negara produser apel terbesar di dunia adalah China, Amerika Serikat, Turki dan Polandia.

 

Semangka

Granita, salah satu olahan semangka yang enak dimakan saat panas. | SHUTTERSTOCK

Kuning atau pun merah, kehadiran semangka begitu menggugah secara visual. Sering jadi ikon musim panas karena rasanya yang memang begitu segar. Nggak heran kalau ada di urutan ketiga buah yang paling disuka di dunia.

 

Meski semangka tumbuh di iklim tropis dan subtropis (di atas 26 derajat Celsius), tapi aslinya dari Afrika barat, lho. Empat negara produser terbesarnya adalah China, Iran, Turki dan Brasil.

 

2. Pisang

Nggak heran kalau pisang masuk ke urutan kedua buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Soalnya, siapa pun di dunia ini dipastikan tahu dan pernah makan pisang. Selain nutrisinya tinggi, buah ini juga tersedia sepanjang tahun sehingga mudah diakses. Empat negara produser terbesarnya adalah India, China, Filipina dan Ekuador.

 

PEnampakan penjual aneka pisang di Asia, mirip seperti di Indonesia. | SHUTTERSTOCk

 

Kita yang di Indonesia (seperti banyak negara Asia lainnya) bisa dibilang beruntung banget karena punya begitu banyak ragam pisang. Nggak cuma buat dimakan sebagai buah tapi juga untuk berbagai camilan. Sebut saja pisang uli, barangan, raja, ambon, kepok, lampung, emas, tanduk, dan masih banyak lagi. Sementara pisang yang banyak dimakan di luar biasanya jenis cavendish.

 

1. Tomat

Siapa yang menyangka kalau tomat ada di urutan pertama buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia? Ya, bukan jeruk, bukan mangga, ternyata tomat. Tunggu dulu, tomat itu termasuk buah atau sayuran, sih? Untuk tahu jawabannya, silakan klik di sini.

 

Tomat yang nyaris selalu ada di rumah. | SHUTTERSTOCK

 

Memang susah disangkal, sebagai buah atau sayuran, tomat nyaris selalu ada di rumah kita. Coba lihat kulkas di rumah, pasti ada stok tomat, deh! Entah itu untuk sambal, bahan salad, dimakan begitu saja atau pun untuk jus. Di kalangan industri, tomat juga dijadikan bahan untuk saus dan pasta tomat. Empat negara produsen terbesarnya adalah China, India, Amerika Serikat dan Turki.

 

Jadi, buah favorit kamu masuk daftar buah yang paling dikonsumsi di dunia ini, nggak?


Simak juga:

Yuk, Kenalan Dengan Teh Barley Yang Bebas Kafein

Boricha, teh barley yang enak diminum di tengah cuaca panas. | SHUTTERSTOCK

Asli China, Kenapa Hainan Chicken Rice Jadi Makanan Nasional Singapura?

Irisan ayam superlembut jadi ciri khas nasi ayam Hainan. | SHUTTERSTOCK

Supaya Nggak Dehidrasi Saat Cuaca Ekstra Panas, Ini Yang Harus dan Tidak Boleh Kamu Minum

Air Kelapa Nggak Cuma Menghidrasi Tubuh Tapi Juga Bernutrisi | SHUTTERSTOCK