Air Kelapa Nggak Cuma Menghidrasi Tubuh Tapi Juga Bernutrisi | SHUTTERSTOCK

Supaya Nggak Dehidrasi Saat Cuaca Ekstra Panas, Ini Yang Harus dan Tidak Boleh Kamu Minum

author
Marti
Jumat, 25 Oktober 2019 | 16:30 WIB

 

Untuk menghindari dehidrasi saat cuaca panas, sekadar minum saja nggak cukup. Minuman apa saja yang sebaiknya kamu minum? Dan sebaliknya, minuman apa saja yang sebaiknya tidak kamu minum di cuaca panas yang menggila ini?

 

 

Ini Yang Sebaiknya Diminum

 

1. Air Putih

Air Putih, Minuman Terbaik Untuk Hidrasi Tubuh. | SHUTTERSTOCK

 

Air putih adalah sumber hidrasi terbaik saat cuaca panas. Sebagian orang tidak masalah minum air putih bergelas-gelas, tapi sebagian orang lain ada yang cenderung bosan. Jadi nggak ada salahnya menambahkan perasa atau penyegar alami seperti irisan lemon atau mentimun.

 

2. Air Kelapa

 

Air kelapa banyak disebut sebagai air sehat karena kadar karbonya yang rendah tapi punya kandungan protein tinggi. Jadi, nggak cuma menghidrasi tubuh, tapi juga menambah nutrisi. Nggak perlu menambahkan gula lagi, ya, supaya kadar karbohidratnya tetap rendah.

 

3. Jus Buah Dan Sayuran

Serat dan Vitamin Jadi Kelebihan Kalau Kamu Minum Jus Buah dan Sayuran Saat Panas. | SHUTTERSTOCK

 

Sayur dan buah adalah salah satu sumber air alami. Untuk buah-buah yang punya kadar air tinggi seperti semangka, melon dan mentimun, misalnya, tidak perlu ditambah air lagi. Sementara air bisa ditambahkan ke jus sayuran. Sebaiknya, bikin sendiri jus di rumah supaya kadar gulanya terkontrol.

 

Ini Yang Sebaiknya Tidak Diminum

 

1. Minuman Energi Olahraga

Kecuali Kamu Berolahraga Keras, Minuman Berenergi Tidak Cukup Efektif Diminum Saat Cuaca Panas. | SHUTTERSTOCK

 

Minuman energi olahraga sering dipromosikan sebagai minuman elektrolit (ion) yang bisa seketika menghidrasi tubuh. Itu betul, tapi lebih berguna kalau kamu berakifitas fisik yang lumayan berat dalam cuaca panas (seperti olahraga).

 

Kandungan gula dan sodium yang tinggi dalam minuman ber-ion ini tidak akan bermanfaat kalau kamu tidak melakukan kegiatan fisik yang berat. Jadi, sayang kan kalau harganya lebih mahal dari air putih tapi fungsinya nggak maksimal.

 

2. Minuman Bersoda

Proses Metabolisme Minuman Bersoda Menghabiskan Energi Tubuh. | SHUTTERSTOCK

 

Minuman bersoda punya kadar gula yang tinggi. Masalahnya, tubuh butuh air untuk memproses gula, sehingga kita akan terus merasa haus. Jadilah lingkaran yang nggak berkesudahan.

 

Bukan itu saja, ada beberapa minuman bersoda juga mengandung kafein. Kombinasi gula dan kafein membuatnya sulit dicerna tubuh. Energi pun jadi terbuang percuma dalam proses metabolisme ini.

 

3. Kopi dan Teh

Minuman Berkafein Seperti Kopi Bikin Kamu Lebih Sering Ke Toilet. | SHUTTERSTOCK

Kafein yang terkandung dalam kopi dan teh punya porsi lumayan banyak. Pada dasarnya, kafein bersifat diuretic alias mempercepat proses keluarnya urin. Jadi bukannya membuat kita terhidrasi, malah justru malah bikin jadi dehidrasi.

 

4. Minuman Beralkohol

 

Buat sebagian orang, segelas bir bisa jadi solusi cepat buat cuaca panas. Tapi lagi-lagi, alkohol juga sifatnya diuretic yaitu mempercepat proses keluarnya urin. Meskipun kita minum cukup air, dengan adanya alkohol, maka air tersebut akan memproses air terlalu cepat menjadi urin. Risikonya, kita tetap dehidrasi.

 

 

Baca juga:

Sebelum Kupas Salak, Simak Dulu Cara Pilih Salak Yang Manis, Renyah dan Segar

Jangan lagi beli salak yan sepet, asam, kering atau malah busuk. | SHUTTERSTOCK

Roti Gambang, Si ‘Ganjel' Kereta Yang Masuk 50 Roti Terbaik Di Dunia

Roti Gambang Si Roti Jadul Yang Unik. | SHUTTERSTOCK

Ini Rumus Resep Dasar Smoothies Enak Buat Pemula

Smoothies yang enak butuh rumus resep dasar yang tepat. | SHUTTERSTOCK