Oat Milk, Salah Satu Alternatif Susu Dari Tumbuhan | SHUTTERSTOCK

5 Fakta Oat Milk, Susu Gandum Yang Makin Populer

author
Marti
Kamis, 12 Desember 2019 | 12:51 WIB

 

Susu dengan basis tumbuhan semakin populer. Kalau sebelumnya ada susu kedelai dan susu almond, maka berikutnya ada susu gandum (oat milk). Ini dia 5 fakta susu gandum yang makin populer!

 

1. Diciptakan di Swedia

Kalau susu kedelai dan almond sudah lama dikonsumsi (mulai abad 13) sebelum menjadi populer selama 10-20 tahun belakangan ini, maka susu gandum sebaliknya. Oat milk ini baru ditemukan tahun 1990-an di Swedia.

Rickard Oste, ilmuwan Swedia, menemukan gandum ini bisa dibuat susu dan bisa jadi pengganti susu sapi. Dia pun menciptakan perusahaan pembuat oat milk pertama, Oatly, yang sampai sekarang terkenal di seluruh dunia.

Oatly, perusahaan yang memproduksi susu gandum pertama kali. | DOK. WALL STREET JOURNAL

 

2. Bagaimana Caranya Dibuat?

Gandum yang keras direndam dulu sebelum digiling bersama air. Hasilnya kemudian disaring. Tapi ini bukan produk akhir. Masih ada tambahan enzim untuk menciptakan tekstur creamy-nya. Masih ada penambahan vitamin-vitamin yang secara alami tidak ada dalam susu gandum.

 

3. Ditambahkan Nutrisi

Secara alami, susu gandum tidak punya banyak nutrisi. Nutrisi yang masih lumayan banyak adalah karbohidrat dan fiber. Meskipun karena proses penyaringan, fibernya tidak sebanyak gandum dalam bentuk lebih utuh (bubur gandum/oatmeal). Sementara kadar lemak rendahnya jadi keunggulan oat milk.

Itulah kenapa, untuk memenuhi syarat pengganti susu sapi, oat milk sengaja ditambahkan nutrisi (difortifikasi), seperti vitamin A, D, B2 dan B12, zat besi serta kalsium.

 

4. Bebas Alergen dan Gluten

Nggak cuma vegan yang bisa mengonsumsi susu gandum ini. Orang-orang yang intoleran terhadap glukosa (yang biasa terdapat dalam susu sapi) juga bisa meminumnya.

Oat milk juga bebas alergen yaitu zat-zat yang bisa memicu alergi yang banyak ada di susu lain. Jadi cocok buat orang yang gampang alergi. Kalau dibuat dari gandum yang tidak mengandung gluten, oat milk juga bisa jadi bebas gluten, baik buat orang yang menderita diabetes.

 

5. Enak Buat Kopi

Susu gandum produksi Oatly menyuplai sekitar 7000 supermarket dan kedai kopi. Oat milk ini memang jadi favorit para barista dalam meracik aneka minuman kopi. Bisa menciptakan busa yang banyak, rasanya enak dan teksturnya creamy. Susu gandum juga mampu menyeimbangkan kadar asam dalam minuman espresso.

Oat Milk Latte Dengan Busa Berlimpah | SHUTTERSTOCK

 

Gimana, mau coba?

 

Simak juga:

Ini List Resep Kue Kering Wajib Yang Kamu Cari-Cari Untuk Natal dan Akhir Tahun

Kue Kering Keju | ROMY PALAR/COOKIN.ID

Bubur Nasi Versi Mancanegara Ini Bisa Kamu Bikin Di Rumah

Asia jagonya bubur nasi, danjuk ini salah satunya. | SHUTTERSTOCK

Ini Dia 7 Makanan Yang Bisa Bikin Badan Hangat Di Musim Hujan

Pisang Bisa Bikin Tubuh Hangat, Sudah Tahu? | SHUTTERSTOCK