Tidak ada Imlek tanpa jeruk mandarin. | SHUTTERSTOCK

Kenapa Jeruk Jadi Salah Satu Buah Khas Imlek?

author
Marti
Rabu, 22 Januari 2020 | 16:37 WIB

 

 

Banjir buah jeruk menjelang Imlek. Lepas dari masa panen jeruk yang bertepatan dengan Imlek, kenapa sih buah satu ini bisa identik dengan perayaan tahun baru China?

 

Saat Imlek datang, pasti buah jeruk merajalela. Coba datang ke supermarket mana pun, pasti banjir jeruk. Buah jeruk, dari yang kecil sampai yang besar memang diidentikkan dengan perayaan datangnya tahun baru khas China ini. Kok bisa?

 

Kesamaan Bunyi

Dua jenis jeruk yang diidentikkan dengan Imlek adalah jeruk biasa dan jeruk mandarin. Dalam budaya China, bukan hal yang asing untuk mengasosiasikan kemiripan bunyi dua kata dengan asosiasi makna yang sama (homofonik dan homonim).

Nah, kata jeruk/orange sendiri dalam bahasa China adalah (桔子/júzi) yang punya kemiripan bunyi dengan kata beruntung, yaitu (吉/jí). Dari sinilah jeruk diidentikkan dengan tahun baru yang lebih membawa keberuntungan.

 

Warna Menyala

Jeruk punya warna oranye yang menyala. Warna ini dinilai dekat dengan warna emas yang jadi salah satu warna penting dalam budaya China (selain merah) yang jadi simbol kemakmuran dan kekayaan. Walaupun sebenarnya, ini tidak cuma di budaya China, di banyak budaya lain pun emas jadi lambang kemakmuran.

Jeruk sering disertakan bersama amplop angpao khas berwarna merah yang diberikan ke anggota keluarga.

Rejeki yang berlimpah, jeruk mandarin sering disandingkan bersama angpao | SHUTTERSTOCK

 

Siung Banyak

Jeruk juga jadi lambang kesuburan alias fertilitas. Dilihat dari siung buahnya yang banyak dan kehadiran daun atau batang pohonnya sekaligus. Makanya, nggak cuma jadi makanan yang dijadikan buah tangan/hantaran, jeruk lengkap dengan pohonnya sering dijadikan dekorasi di rumah orang yang merayakan Imlek.

Pohon jeruk mandarin, nggak cum acantik tapi juga jadi simbol kesuburan. | SHUTTERSTOCK

 

Bentuk Bulat

Dalam budaya China, bentuk bulat menyimbolkan makna kesempurnaan, persatuan dan lengkapnya sebuah siklus. Nggak aneh, apa pun yang berbentuk bulat selalu diidentikkan dengan kebaikan, termasuk bentuk jeruk yang bulat.

 

Nah, sekarang paham kan kenapa jeruk selalu melimpah saat Imlek? Tapi, merayakan Imlek atau nggak, yang pasti jeruk adalah sumber vitamin penting buat tubuh! Yuk, kita makan jeruk!

 

Simak juga:

Perayaan Imlek Jadi Komplit Dengan Puding Jeruk Mandarin Buah Peach Segar Ini

Puding Jeruk Mandarin Buah Peach | ROMY PALAR/COOKIN.ID

Orange Tart, Cake Jeruk Segar Yang Jadi Simbol Kemakmuran Saat Imlek

Orange Tart | ROMY PALAR/COOKIN.ID

Imlek Makin Hoki Kalau Menyajikan Mandarin Cake Pudding Segar Ini

Mandarin Cake Pudding | ROMY PALAR/COOKIN.ID