Oven gas dan oven listrik, masing-masing ada kekurangan dan kelebihannya. | SHUTTERSTOCK

Oven Gas Atau Listrik? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

author
Marti
Jumat, 28 Februari 2020 | 18:05 WIB

 

Ingin membeli oven tapi bingung harus pilih oven gas atau listrik? Ini kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis oven.

 

Kalau kamu suka memasak dan ingin ‘melebarkan sayap’ ke menu-menu panggang/oven, pastinya butuh oven. Pastinya, langsung dihadapkan ke dua pilihan, yaitu oven gas atau oven listrik. Pilih yang mana? Simak kekurangan dan kelebihan masing-masing oven gas dan oven listrik sebelum memutuskan.

 

Oven Gas

Oven gas ada yang memakai sumber gas alam, ada yang memakai tabung gas. Untuk instalasi awal oven gas yang memakai sumber gas alam, bisa jadi makan biaya lumayan besar. Tapi untuk pemakaian selanjutnya, bisa dibilang biayanya sangat murah. Harga yang relatif murah juga berlaku kalau oven memakai gas tabung.

Untuk kinerja oven gas sendiri, banyak yang mengeluhkan distribusi panas yang kurang merata. Ini membuat panas cuma ada di titik-titik tertentu. Bisa jadi, kalau kamu memanggang satu batch cookies, ada bagian-bagian tertentu yang jadi cokelat lebih dulu dibanding yang lain.

Khusus di Indonesia, oven gas sering dipakai oleh banyak industri makanan. Sebabnya, ukuran oven gas bisa dikustomisasi jadi ukuran yang besar. Ini jelas menguntungkan dan hemat waktu.

 

Oven Listrik

Sesuai namanya, oven listrik memakai tenaga listrik. Di negeri kita, harga listrik bisa dibilang relatif mahal. Kalau kamu menggunakan oven sesekali mungkin tidak terasa. Tapi kalau sering dan dalam waktu lama, siap-siap bayar tagihan lebih besar.

Banyak yang bilang oven listrik punya kinerja lebih baik dari oven gas dari hal pemerataan panas. Tapi sesungguhnya tidak selalu seperti itu.

Oven listrik kovensional biasanya membuat panas naik ke bagian atas oven. Kalau kamu pakai satu rak saja (di tengah), makanan masih bisa matang merata. Tapi kalau kamu pakai dua rak, sering terjadi rak atas lebih dulu matang/menyokelat dibanding rak bawah.

Kipas dalam oven listrik yang bisa membuat panas lebih merata. | SHUTTERSTOCK

Nah, ada solusi pilihan oven listrik dengan sistem konveksi (convection). Oven dilengkapi dengan fan/kipas yang membuat panas berputar merata di dalam oven. Selain suhunya tidak perlu sepanas oven listrik konvensional, memasak dengan oven konveksi juga lebih cepat sehingga lebih hemat energi.

 

Nah, mau pilih yang mana, Cookiners?

 

Simak juga:

Apakah Kulkas Yang Terendam Banjir Bisa Dipakai Lagi?

Kulkas yang terendam banjir masih bisa dipakai? | Peter Varga/SHUTTERSTOCK

Ini Yang Harus Dilakukan Pada Makanan Dalam Kulkas Saat Listrik Mati

Makanan di Freezer dan Luar Freezer Beda Lama Bertahannya Saat Kulkas Mati | SHUTTERSTOCK

Jangan Simpan Telur Di Pintu Kulkas, Ini Alasannya!

Jangan Simpan Telur Di Pintu Kulkas | NOENG/COOKIN.ID