Masak bareng si kecil bisa fun kalau tahu triknya. | SHUTTERSTOCK

Ini 5 Tips Masak Bareng Si Kecil Supaya Fun

author
Marti
Jumat, 3 April 2020 | 16:19 WIB

 

Dilarang emosi kalau lagi masak bareng si kecil. Hasil akhir belakangan, karena edukasinya lebih penting. Ini dia 5 tips masak bareng si kecil supaya #SeruDiDapur.

                                    

Masak bareng si kecil nggak sekadar bagi-bagi tugas supaya kerjaan cepat selesai. Kalau mau pake istilah parenting, proses edukasi lebih penting dari output masakan itu sendiri.

Selain memasak itu penting sebagai life skill, ada proses belajar tentang nutrisi dan juga membangun rasa percaya diri. Jadi, nggak perlu banyak ekspektasi dulu. Supaya memudahkan, simak tips masak bareng si kecil berikut.

 

Libatkan Saat Merencanakan Menu

Mau masak apa hari ini? Ini pertanyaan yang bisa diajukan ke anak-anak saat merencanakan menu. Cara ini bikin mereka merasa penting karena pendapatnya didengar dan dipertimbangkan.

Penting melibatkan pendapat si kecil untuk bikin keputusan. | SHUTTERSTOCK

Saat ikut bikin keputusan, kemungkinan mereka juga lebih menikmati proses memasak. Jadi nggak cuma harus patuh ‘disuruh’ melakukan A dan B. Jangan lupa bikin panduan yang jelas, misal menu harian harus ada sayur, protein dan karbo.

 

Tugas Sesuai Kapasitas

Sebagai orangtua, kita seharusnya tahu hal-hal apa yang bisa atau tidak bisa dilakukan si kecil. Ada yang bisa diberi tanggung jawab untuk mengupas sayuran. Ada juga yang cuma bisa mengaduk-aduk di mangkuk. Mulai aja dulu dengan yang mudah. Nanti lama-lama mereka bisa diberi tugas yang makin menantang.

 

Beri Kepercayaan

Kadang kita was-was saat memberi tugas yang agak berisiko, seperti yang melibatkan pisau atau kompor. Tapi selama kita memberi pengarahan yang tepat, mereka kemungkinan bisa melakukannya. Kalau sukses, mereka bakal jadi lebih percaya diri, lho!

Beri tahu cara aman memakai pisau untuk meminimalisir risiko. | SHUTTERSTOCK

 

Jangan Marah Kalau Berantakan

Siapa yang suka kesal kalau dapur jadi berantakan ketika si kecil ikut masak? Nah, mesti dikurang-kurangi, nih, Cookiners. Tumpahan bahan di sana sini harusnya sih nggak perlu jadi masalah ya. Tapiii, jangan juga bikin mereka abai dengan kebersihan. Setelah memasak selesai, ajak mereka juga untuk ikut bersih-bersih.

 

Mesti Lebih Sabar

Ini penting, nih. Kadang sering gemas kalau anak-anak lambat melakukan tugasnya. Mecahin empat telur, misalnya, kita cuma butuh 1 menit, sementara mereka butuh 5 menit. Atau potongan sayur nggak sesuai harapan? Namanya juga proses belajar, jadi sabar-sabar aja ya, Cookiners! Kalau sering latihan, lama-lama mereka jago juga.

 

Yuk, ajak si kecil ikutan repot di dapur, Cookiners!

 

Simak juga:

5 Alternatif Alat Untuk Mengaduk Dalgona Coffee, Kamu Punya Yang Mana?

Banyak alat mengaduk kopi Dalgona, jangan gampang menyerah! | SHUTTERSTOCK

7 Alat Masak Dasar Buat Kamu Yang Baru Mulai Masak Saat Harus #DiRumahAja

Alat masak dasar apa saja untuk pemula? | SHUTTERSTOCK

Cara Menyimpan Bumbu Dapur, Di Dalam Atau Luar Kulkas?

Bumbu dapur, gimana cara simpannya supaya awet? | SHUTTERSTOCK